Nelayan Mengeluh, Bupati Berkirim Surat ke Otoritas Pelabuhan Patimban dan PLTU Indramayu

  • Oleh : Taryani

Selasa, 31/Agu/2021 20:20 WIB
Bupati Indramayu, Nina Agustina meninjau kondisi kerusakan alur Sungai Sewo dan Breakwater Desa Ujunggebang yang diprotes para nelayan. (Ist.) Bupati Indramayu, Nina Agustina meninjau kondisi kerusakan alur Sungai Sewo dan Breakwater Desa Ujunggebang yang diprotes para nelayan. (Ist.)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) - Masyarakat khususnya para nelayan di Desa Ujunggebang,  Kecamatan Sukra,  Kabupaten Indramayu, Jabar  mengeluh menyusul terjadinya kerusakan pada kondisi alur Sungai Sewo dan Breakwater atau bangunan pemecah ombak di Desa Ujunggebang.

Kerusakan alur Sungai Sewo dan Breakwater itu kata para nelayan merupakan imbas dari kegiatan pembangunan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Mendengar keluhan masyarakat, Bupati Indramayu,  Nina Agustina didampingi Camat Sukra, Achmad Mansyur dan Kepala Desa (Kuwu) Ujunggebang,  Dedi Gunawan melihat secara langsung kondisi kerusakan alur Sungai Sewo dan Breakwater yang berada di pantai dan berbatasan dengan Kabupaten Subang.

Bupati Indramayu,  Nina Agustina sempat melihat dan mendengar langsung penjelasan dari masyarakat juga Kuwu Desa Ujunggebang, Dedi Gunawan perihal rusaknya kondisi alur Sungai Sewo dan Breakwater.

"Pak Kuwu beberapa kali menyampaikan kepada Saya agar mengundang Ibu Bupati untuk melihat langsung kondisi di Desa Ujunggebang. Nyatanya memang demikian. Terjadi kerusakan di sana-sini," ungkap Camat Sukra, Achmad Mansyur.

Achmad Mansyur menjelaskan, aksi protes nelayan Ujunggebang yang dilakukan pekan lalu ke kantor Bupati Subang merupakan respon atas kerusakan lingkungan sungai dan pantai yang diklaim nelayan akibat pembangunan Breakwater Pelabuhan Patimban.

Pekan lalu katanya sejumlah nelayan Desa Ujunggebang dan Subang menyampaikan aspirasinya. Kebetulan Bupati Indramayu, Nina Agustina juga ikut dalam pertemuan di Kabupaten  Subang itu,  jelas Mansyur.

Menanggapi keluhan nelayan dan masyarakat Ujunggebang, Bupati Indramayu, Nina Agustina berjanji akan meneruskan keluhan masyarakat  ke Otoritas Pelabuhan Patimban dan PLTU Indramayu.

Bupati Indramayu, Nina Agustina akan berkirim surat resmi kepada Otoritas Pelabuhan Patimban dan PLTU Indramayu. Harapannya ada jalan keluar yang baik untuk masyarakat dan nelayan di Desa Ujunggebang.

"Nanti akan saya sampaikan. Sekarang saya sudah melihat langsung kondisinya. Nelayan kita mengeluh dan ternyata memang harus dilakukan langkah-langkah tepat agar semuanya berhasil dengan baik," tegasnya.

Penjelasan bupati disambut gembira Kuwu Ujunggebang, Dedi Gunawan. Ia menyampaikan terima kasih kepada Bupati Nina Agustina yang telah melihat langsung kondisi nelayan di Ujunggebang.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Indramayu yang menyempatkan diri melihat kondisi masyarakat Ujunggebang. Ini sungguh luar biasa," tandasnya. (Taryani)