120 Peserta Latsar CPNS Golongan III Angkatan I, II dan III di Lingkungan Pemkab Indramayu Lulus 100 Persen

  • Oleh : Taryani

Kamis, 02/Sep/2021 21:10 WIB
Asda Administrasi, Suwenda Asmita melepas tanda peserta Latsar CPNS Glongan III Angkatan I, II dan III di lingkungan Pemkab Indramayu Tahun 2021. (Ist.) Asda Administrasi, Suwenda Asmita melepas tanda peserta Latsar CPNS Glongan III Angkatan I, II dan III di lingkungan Pemkab Indramayu Tahun 2021. (Ist.)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) - Sebanyak 120 peserta Pelatihan Dasar (Latsar) Calon CPNS Golongan III Gelombang I Angkatan I, II dan III di lingkungan Pemda Indramayu Tahun 2021, Rabu (1/9/2021) sore resmi ditutup dan dinyatakan lulus 100 persen.

Seluruh peserta Latsar CPNS Golongan III tadi berhak mendapatkan Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTP) dari Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Indramayu.

Sekretaris BKPSDM Kabupaten Indramayu,  Atang Riko Hasbudi menjelaskan, Pelatihan Dasar CPNS Golongan III bekerja sama dengan BKPSDM Provinsi Jawa Barat dan dilaksanakan selama 2 bulan sejak 28 Juni 2021 hingga 1 September 2021.

"Nilai tertinggi yang diperoleh adalah 91,2 dan nilai terendah 85,90. Rata-rata nilai 89,34 dengan kualifikasi sangat memuaskan 42 orang dan kualifikasi memuaskan 78 orang," paparnya.

Wajah – wajah ceria menghiasi para peserta Latsar CPNS saat Bupati Indramayu Nina Agustina melalui Asisten Daerah (Asda) Administrasi Setda Indramayu,  Suwenda Asmita resmi menutup kegiatan itu di Aula Nyi Endang Darma Ayu Unwir Indramayu,  Rabu, (1/9/2021).

Asda Administrasi,  Suwenda Asmita mengatakan, untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mampu menjalankan tugas sebagai pelayan masyarakat dan memiliki unsur utama yakni, Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai peran signifikan terhadap keberhasilan suatu pekerjaan secara efektif dan efisien.

"Sosok PNS yang mampu memainkan peran tersebut adalah PNS yang memiliki kompetensi, loyal terhadap masyarakat dan negara, bermoral, bermental baik, profesional serta sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan publik dan mampu menjadi persatuan dan kesatuan bangsa," katanya.

Selain itu, peserta Latsar CPNS yang dinyatakan lulus diminta untuk tidak merasa cukup puas. Karena merasa perjalanan telah selesai. Namun perjalanan sesungguhnya baru saja dimulai.

Sehingga setelah memiliki tugas di instansi masing-masing diharapkan mempunyai tanggung jawab, dedikasi dan kerja keras dalam mewujudkan Indramayu Bermartabat.

"Berakhirnya pelatihan dasar CPNS ini, bukan berarti saudara telah selesai belajar. Akan tetapi saudara harus terus belajar serta menempa kemampuan diri,” ujarnya.

Selanjutnya Suwenda Asmita mengemukakan,  tingkatkanlah kompetensi dan semangat pengabdian untuk menjadi lebih profesional dan berkualitas.

“Insya Allah Kabupaten Indramayu yang kita cintai ini dapat mewujudkan visi dan misi Indramayu Bermartabat," tambahnya.

Sekretaris BKPSDM Provinsi Jawa Barat,  Pupun Saefunudin melalui video conference berharap, dengan kerjasama yang sudah terjalin terutama dalam meningkatkan sumber daya aparatur, semoga ke depan ASN di Kabupaten Indramayu bisa memberikan pelayanan lebih baik. (Taryani)