Afghanistan Dikuasai Taliban, Qatar Airways Jadi Pesawat Pertama yang Mendarat di Bandara Kabul

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 02/Sep/2021 23:30 WIB
https://youtube.com/watch?v=ywwO50ZjU8w https://youtube.com/watch?v=ywwO50ZjU8w

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sebuah delegasi dari Qatar tiba di Afghanistan pada Rabu (1/9/2021) waktu setempat, untuk membantu maskapai penerbangan nasional Afghanistan dan bandara di ibu kota Kabul agar kembali beroperasi. 

Melansir laman kantor berita Anadolu, Kamis (2/9/2021), maskapai komersial Ariana Afghan Airlines, serta jet militer dan helikopter di bandara Kabul dirusak oleh pasukan AS yang keluar begitu saja dari Afghanistan sehari yang lalu. 

Baca Juga:
Bandara Ngurah Rai Layani Penerbangan Qatar Airways Rute Doha-Bali

Tim teknis tersebut tiba dengan penerbangan Qatar Airways, yang menginjakkan kaki pertama di Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul semenjak Taliban mengambil kendali penuh bandara tersebut pada Selasa dini hari. 

Delegasi Qatar memberikan bantuan teknis untuk membantu maskapai penerbangan nasional Afghanistan dan operasional di bandara, menurut seorang pejabat Qatar. 

Baca Juga:
Perluasan Jaringan Angkutan: Qatar Airways Meluncurkan Koneksi Kargo Baru ke Munich

Tim tersebut dikirim ke Kabul atas permintaan otoritas baru Taliban, tambah pejabat itu. 

Pejabat Qatar itu mengatakan negosiasi tentang operasi dan keamanan di bandara sedang berlangsung. 

Baca Juga:
Taliban Bahas Rencana Turki dan Qatar Operasikan Bersama Bandara Kabul

Pada Selasa, seorang pemimpin Taliban dan pejabat maskapai Ariana mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa pasukan AS telah merusak pesawat sipil dan terminal bandara serta sistem radar. 

Ahmed Syar Rahat, direktur pemeliharaan untuk penerbangan nasional Afghanistan, mengatakan negara itu akan membutuhkan setidaknya USD10 juta dan waktu satu bulan untuk mengembalikan pesawat-pesawat ke kondisi bisa terbang. (Sumber: Anadolu)