Pelajar Indramayu Raih Juara I Cabor Pencak Silat dan Karate di Ajang Sport Festival

  • Oleh : Taryani

Jum'at, 17/Sep/2021 20:19 WIB
Bupati Indramayu, Nina Agustina menerima sejumlah pelajar berprestasi peraih Juara I di ajang Sport Festival. (Ist.) Bupati Indramayu, Nina Agustina menerima sejumlah pelajar berprestasi peraih Juara I di ajang Sport Festival. (Ist.)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) - Sejumlah pelajar asal Kota Mangga sukses meraih Juara 1 cabang olahraga (Cabor) Pencak Silat dan Karate pada ajang Sport Festival. Para pelajar itu lalu  mendapat apresiasi Bupati Indramayu, Nina Agustina.

Pemberian penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Indramayu diserahkan langsung Bupati Indramayu  Nina Agustina di Pendopo Kabupaten Indramayu, Kamis (16/9/2021).

Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, penghargaan yang diperoleh para pelajar Indramayu dari tingkat SD, SMP dan SMA pada cabor Pencak Silat dan Karate di ajang Sport Festival menjadi titik awal tumbuhnya prestasi olahraga di Kabupaten Indramayu.

“Mudah-mudahan prestasi ini akan terus ada untuk Kabupaten Indramayu  melalui bibit-bibit muda berprestasi. Saya harap prestasinya ditingkatkan,  sehingga membawa harum nama Indramayu” katanya.

Ia meminta prestasi yang diraih saat ini agar tidak merasa puas. Tetapi terus mengasah kemampuan dan skill olahraga. Hal ini agar menjadi atlet kebanggaan Indramayu. Bahkan Provisi Jawa Barat hingga mewakili Indonesia di setiap ajang olahraga dunia.

“Apalagi anak-anak yang memperoleh prestasi pada cabor karate dan pencak silat ini berasal dari Indramayu. Mudah-mudahan prestasi adik-adik kita saat ini meningkat sampai menjadi atlet kabupaten, provinsi, nasional hingga internasional,” tambahnya.

Dengan begitu jelasnya  Pemkab Indramayu akan memfasilitasi bibit-bibit muda yang berprestasi. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi atlet pindah daerah,  karena kurang perhatian dari pemerintah daerah setempat.

“Ketika sudah menjadi atlet profesional dan bisa mengikuti berbagai event olahraga, Pemkab Indramayu Insya Allah akan memfasilitasinya,” ujarnya.

Jangan sampai bibit-bibit muda ini karena tidak difasilitasi Pemkab  Indramayu akhirnya malah mewakili kabupaten lain. “Nah kita tidak mau seperti ini," ujarnya.

Kepala Biro Humas dan Hukum Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI,  Sanusi menjelaskan Sport Festival merupakan program penjaringan bakat dari cakupan olahraga pendidikan mulai SD, SMP dan SMA.

Kebetulan pada tahun ini Indramayu ditunjuk sebagai tuan rumah event olahraga tersebut.

“Dengan adanya event di Indramayu ini, semoga anak-anak yang berpotensi nantinya bisa muncul dan  menjadi atlet regional, nasional maupun pada akhirnya internasional. Itu yang kita harapkan,” jelasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Indramayu,  Jahirin mengemukakan, kegiatan Sport Festival bertema Mewujudkan Indonesia Bugar, Berkarakter, Unggul dan Prestasi Dunia.

Tujuannya meningkatkan partisipasi dan minat siswa dan siswi di Kabupaten Indramayu terhadap bidang olahraga dan meningkatkan gaya hidup sehat.

“Kabupaten Indramayu merupakan peserta terbanyak pada event Sport Festival  dengan jumlah peserta 497 siswa. Termasuk peserta berkebutuhan khusus,” katanya. (Taryani)