Pesawat Piper PA-28 dan Helikopter Robinson R22 Bertabrakan di Udara

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 05/Okt/2021 06:12 WIB


PHOENIX (BeritaTrans.com) - Satu helikopter dan pesawat bermesin tunggal bertabrakan di udara di dekat bandara pinggiran kota Phoenix, Amerika Serikat.

Baca Juga:
2 Pesawat Airbus A321neo Serempetan

Kecelakaan itu menyebabkan helikopter tersebut menabrak sebuah lapangan dan menewaskan kedua orang di dalamnya. Pesawat mendarat dengan selamat, dan instruktur penerbangan serta seorang siswa di dalamnya tidak terluka.

Tabrakan itu terjadi di kota Chandler dekat bandara kotamadya, kata Sersan polisi. Jason McClimans. Dia mengatakan tidak ada seorang pun di darat yang terluka tetapi bandara akan tetap ditutup selama beberapa jam.

Baca Juga:
Pesawat Jatuh & Terbelah Dua, 16 Orang Tewas dan 6 Luka

Departemen Pemadam Kebakaran Chandler menerima laporan kebakaran di semak belukar di sebelah bandara sesaat sebelum pukul 8 pagi. Kru menemukan kepulan asap besar dan puing-puing helikopter terbakar tetapi dapat memadamkannya dengan relatif cepat, kata petugas pemadam kebakaran.

Mereka memeriksa helikopter dan menemukan mayat dua orang di dalamnya. Kantor pemeriksa medis Kabupaten Maricopa akan menentukan identitas mereka.

Baca Juga:
Pesawat Piper Cherokee Mendarat Darurat di Bahu Jalan Raya, Sayap Copot Gegara Serempet Tiang

Helikopter itu dioperasikan oleh Quantum Helicopters dan pesawatnya oleh Flight Operations Academy. Keduanya adalah sekolah penerbangan, menurut McClimans, dari Polisi Chandler.

Richard Bengoa, pemilik Akademi Operasi Penerbangan, mengatakan kepada The Associated Press bahwa pesawat berkursi empat itu kebanyakan digunakan untuk pelatihan penerbangan. Satu-satunya orang di kapal adalah instruktur penerbangan dan pilot siswa.

Meskipun para pejabat tidak mengizinkan Bengoa untuk mendekati pesawat, dia mengatakan tampaknya dari kejauhan bahwa roda pendaratnya telah rusak. Dia mengatakan dia tidak memiliki informasi tentang bagaimana tabrakan itu terjadi dan tidak diizinkan untuk berbicara dengan instruktur atau siswa.

Bengoa menggambarkan operasinya sebagai "lebih dari bisnis keluarga untuk mempromosikan penerbangan dan membantu orang mendapatkan lisensi mereka."

Sebuah pernyataan dari Administrasi Penerbangan Federal juga menunjukkan bukti kerusakan pada roda pendaratan pesawat Piper PA-28. Agensi mendaftarkan helikopter itu sebagai Robinson R22.

Menara kontrol bandara beroperasi pada saat tabrakan. Tetapi pejabat FAA menolak untuk mengatakan berapa banyak staf yang ada di sana, mencatat bahwa detail akan menjadi bagian dari penyelidikan keseluruhan.

Dewan Keselamatan Transportasi Nasional akan memimpin penyelidikan penyebab tabrakan dan kecelakaan itu.

Polisi sedang mencari saksi atau orang yang mungkin telah memfilmkan kejadian itu.

Chandler Municipal Airport tidak menyediakan layanan penerbangan komersial. Sebagian besar penerbangan di sana adalah untuk perjalanan sewaan, kunjungan pribadi, dan pelatihan. Ini dianggap sebagai salah satu dari 50 bandara penerbangan umum tersibuk di negara ini dengan lebih dari 200.000 operasi penerbangan per tahun, menurut kantor pariwisata Chandler.

Dodge City Community College di Kansas mengoperasikan Program Instruktur Penerbangan DC3 dari bandara Chandler. Sekolah mengatakan dalam sebuah pernyataan di halaman Facebook-nya bahwa "pejabat sedang bekerja untuk memberi tahu keluarga yang tepat dari mereka yang terlibat dalam insiden itu." Pihak berwenang belum menyebutkan hubungan apa pun dengan program pelatihan tertentu.