Pakai Tameng Jaring Besi, Bus Transport Express Jaya Terlihat Gagah

  • Oleh : Bondan

Rabu, 13/Okt/2021 14:22 WIB
Bus Transport Express Jaya di pool Tambun Selatan, Bekasi, Rabu (13/10/2021). Foto: BeritaTrans.com. Bus Transport Express Jaya di pool Tambun Selatan, Bekasi, Rabu (13/10/2021). Foto: BeritaTrans.com.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Bus AntarKota lintas Sumatera dari perusahaan otobus (PO) Transport Exspress Jaya, merupakan salah satu transportasi yang cukup legendaris dikalangan masyarakat Minang, Sumatera Barat.

Bus legendaris itu tak kalah bersaing dengan pendatang-pendatang baru di dunia transportasi darat, khususnya bus yang bermain di wilayah Sumatera Barat.

Baca Juga:
Libur Akhir Pekan, Bus AntarKota Siaga Jaring Calon Penumpang di Terminal Bekasi

Sebagian bus legendaris itu masih ada yang mempergunakan single glass (kaca single). Tapi ada juga yang telah mempergunakan double glass. Yang menariknya lagi sebagian bus Transport Express Jaya pada bagian kaca depannya terdapat pelindung seperti jaring besi. Hal ini terlihat saat BeritaTrans.com menyambangi garasi/pool bus Transport Express Jaya yang berada di Jalan Diponegoro, Tambun Selatan, Bekasi.

Edi Jambak, salah satu pengemudi dari bus Transport Express Jaya dengan tujuan Bekasi - Lubuk Basung - Pariaman ini menjelaskan, bahwa sebagian bus yang masih mempergunakan tameng jaring tersebut untuk menghindari pelemparan benda tumpul.

Baca Juga:
Mantap! Bus Putri Candi Dilengkapi GPS

Hal tersebut selain memberikan keamanan bus dan pengemudi selama berkendara dari pelemparan. Namun, juga berkesan gagah dalam penampilannya.

"Ini ada yang masih pakai tameng karena belum dilepas. Yang pake tameng kaca depan tadinya lintas tengah semua. Disitu masih rawan pelemparan. Sudah hampir tiga bulan lintas tengah nggak dilintasi lagi. Sekarang keseringan lewat lintas Timur. Tapi nanti lintas tengahnya mau dijalanin lagi. Makanya tameng sebagian bus belum dilepas," jelas Edi saat ditemui BeritaTrans.com di pool bus Transport Express Jaya, Tambun, Bekasi, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga:
Biar Kurang Istirahat, Kru Putri Candi Ini Tetap Semangat Perbaiki Bus

Selain itu, rute bus Sumatera Barat tersebut melayani antar jemput bagi calon penumpang yang berada di wilayah Jawa Barat hingga Jabodetabek. Mulai dari Sukabumi - Bandung - Bekasi - Bogor - Depok - Jakarta - Poris (Tangerang)

Sedangkan, tarif tiket bus sekali naik bagi penumpang yang ingin menggunakan jasa antarnya terbilang cukup ramah dikantong. Dibanderol dengan harga Rp 410 ribu untuk dari Bekasi sampai Kota Padang. Fasilitas yang bisa dinikmati bagi penumpangnya selama perjalanan menggunakan bus tersebut yakni toilet room, ruang merokok, bantal dan selimut selama perjalanan serta entertainment (musik, TV). (Dan)