Ajo Doni Kendarai Bus Sempati Star Hello Kitty Bekasi-Medan Tiga Hari

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 22/Okt/2021 16:39 WIB
Ajo Doni pengemudi bus Sempati Star jurusan Bekasi-Medan. Ajo Doni pengemudi bus Sempati Star jurusan Bekasi-Medan.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Mengendarai bus Sempati Star dengan tema tokoh kartun lucu, itu yang dilakukan pengemudi asal Pariaman, Sumatera Barat ini. 

Dengan mengunakan seragam hitam putih lengkap dangan kacamata hitam dan topi dia tampak gagah di antara warna pink dan pernak-pernik boneka Hello Kitty di busnya. 

Baca Juga:
Penumpang Bus di Terminal Pulo Gebang Ramai Kembali, Syarat Perjalanan Masih Berlaku

Sopir bus Sempati Star Hello Kitty jurusan Medan-Jakarta ini. Doni (25 tahun), dia bercerita sudah empat hari menginap di Jakarta karena menunggu jadwal keberangkatan. 

"Jarpul, jarang pulang. Di sini sudah empat hari nginap," kata pria yang dikenal dengan nama Ajo Doni, saat ditemui BeritaTrans.com di Terminal Bekasi, Jawa Barat, Jumat (22/10/2021). 

Baca Juga:
Jos! Bus Setia Negara Berangkat dari Terminal Bekasi Menuju Pekalongan

Membawa bus melintasi dua pulau besar yaitu Jawa dan Sumatera membuat sejumlah kru jarang untuk pulang ke rumah untuk bertemu keluarga. 

Baca Juga:
Kendarai Bus Bekasi-Belitang: Gegara Ombak Besar, Perjalanan Jadi Lama

Warga Pariaman ini sebelum membawa bus arah Jakarta, dahulunya bus yang dia kendarai adalah jurusan Padang-Medan. Namun, kini perjalanan yang jauh, dia mengaku jarang ke kampung dan bebas kemanapun melalang buana lantaran stasusnya masih lajang. 

"Dulunya ini bus pemain Padang, sekarang sudah beralih ke Jakarta," ucapnya 

Ajo Doni menceritakan sudah dua tahun mengemudi bus berlivery lima bintang lima tersebut. Dia juga sebelumnya sudah pernah bergabung pada beberapa PO lain. 

"2010 awal saya bawa bus, pernah juga di SAN," ucapnya. 

Dia juga mengungkapkan, dirinya merupakan salah satu pengemudi termuda di PO Sempati Star. Walaupun saat ini sudah banyak beberapa orang muda yang bergabung di PO tersebut dan menjadi kru. 

Lantaran masih muda, dia menganggap dirinya masih butuh banyak pengalaman. "Mau ke sana ke sini bebas. Apa yang dipikirkan masih lajang ini," katanya. 

Bus yang dia kendarai kini dengan nomor pintu 25 tersebut menjadi bus batangan miliknya. Bersama kru sesama orang Padang dia menjalani trayek Medan-Jakarta. 

Untuk mengendarai bus intas jauh dan yang melewati berbagai provinsi itu untuk mengantarkan penumpang, unit bus juga harus dilakukan perawatan khusus, seperti servis dan perawatan lainnya. 

Semua perawatan bus akan dilakukan di gudang yang ada di Medan, Sumatera Utara, namun jika bus berjalan ke Jakarta, bus akan dilakukan perawatan seadanya. 

Ajo Doni menceritakan bus yang dia kendarai tersebut, jika dari tiba ke Medan bus akan selalu putar arah, atau tidak akan lama untuk menginap di sana. Namun, jika bus tiba di Jakarta, bus kerap menginap atau perpal minimal selama dua hari. 

"Nginap di sini (Jakarta/Bekasi) empat hari. Di sana (Medan) tergantung.  Mobil sehat mutar kepala. Kalau enggak ada kendala mobil tu, jalan terus," katanya. 

Untuk keberangkatan hari ini, bus Ajo Doni akan berangkat pukul 11.00. Dan terdapat beberapa bus lain yang antre akan diberangkatkan sampai beberapa hari berikutnya. 

Perjalanan bus Sempati Star akan memakan waktu selama sekitar tiga hari dua malam dengan melewati penyeberangan antara dua pulau besar. 

Adapyn tarif Bus PO Sempati Star jurusan Bekasi/Jakarta sampai dengan Medan ialah Rp700 ribu. Bus akan dilayani dengan berbagai fasilitas yang ada di dalamnya. Termasuk satu buah selimut, kamar mandi dan colokan cas hp. (fahmi)