Jalur KRL Kebayoran Lumpuh: Ada 21 Titik Banjir Jakarta dari Bintaro hingga Pluit

  • Oleh : Dirham

Minggu, 07/Nov/2021 18:59 WIB
Banjir Jakarta. Banjir Jakarta.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - BPBD Provinsi DKI Jakarta mencatat terdapat 21 RT di pelbagai wilayah DKI Jakarta yang tergenang usai hujan deras yang mengguyur kota tersebut pada Minggu (7/11).

Hingga pukul 15:00 WIB, tercatat sebanyak 21 dari total 30.470 Rukun Tetangga (RT) di DKI mengalami genangan. Jumlah itu sekitar 0,069 persen dari total RT di wilayah DKI Jakarta.

Lokasi genangan itu tercatat sebanyak 8 titik RT di Jakarta Selatan dan 13 RT di Jakarta Utara.

Di Jakarta Utara, genangan terjadi di Kelurahan Penjaringan dengan 2 RT dan Kelurahan Pluit dengan 11 RT. Penyebab terjadinya genangan di dua wilayah tersebut karena banjir rob.

Sementara di Jakarta Selatan, banjir paling tinggi terjadi di Kelurahan Bintaro dengan 150 Cm yang berimbas genangan di 1 RT. Genangan itu terjadi akibat luapan kali Pesanggrahan.

Luapan Kali Pesanggrahan juga menjadi penyebab genangan di Kelurahan Pondok Pinang yang berimbas pada 4 RT. Lalu berimbas pula di Kelurahan Petukangan Utara dengan 1 RT dan Kelurahan Cipete Selatan dengan 1 RT.

"Kelurahan Gunung, ketinggian air 50 cm dengan jumlah 1 RT. Penyebab luapan Kali Jelawe," bunyi keterangan tersebut.

Banjir juga mempengaruhi transportasi KRL Commuterline jurusan Pondok Ranji-Kebayoran. KRL jurusan ini tak beroperasi lantaran rel kebanjiran.

Kendala operasional terjadi mulai pukul 15.39 WIB sehingga mengakibatkan terganggunya operasional kereta api. Hingga saat ini perjalanan lintas Pondok Ranji - Kebayoran masih terkendala adanya genangan air di jalur rel.

"KAI Commuter memohon maaf atas adanya kendala operasional KRL di KM. 17+3/5 lintas Pondok Ranji-Kebayoran...disebabkan curah hujan tinggi di wilayah tersebut yang mengakibatkan tergenangnya jalur rel," jelas Manager External Relations KAI Commuter Adli Hakim lewat keterangan yang diterima CNNIndonesia.com, Minggu (7/11).

Sementara itu sejumlah akun media sosial juga melaporkan banjir di beberapa titik di Jakarta dan sekitarnya. Di Jakarta Selatan, kawasan Panglima Polim terendam air berdasarkan pantauan akun Instagram @jktinfo. 

Sementara akun @wargatangsel melaporkan banjir di depan STAN Bintaro. Warga Tangerang Selatan yang melintas kawasan STAN diminta mencari jalan alternatif.

Berikut adalah sebaran 21 titik genangan di pelbagai wilayah Jakarta:

1. Jakarta Timur
Sudah kering seluruhnya

2. Jakarta Selatan
Terdapat 8 RT terdiri dari :

- Kel. Pondok Pinang
Ketinggian : 90 cm dengan jumlah 4 RT
Penyebab : Luapan Kali Pesanggrahan

- Kel. Bintaro
Ketinggian : 150 cm dengan jumlah 1 RT
Penyebab : Luapan Kali Pesanggrahan

- Kel. Petukangan Utara
Ketinggian : 70 cm dengan jumlah 1 RT
Penyebab : Luapan Kali Pesanggrahan

- Kel. Cipete Selatan
Ketinggian : 50 cm dengan jumlah 1 RT
Penyebab : Luapan Kali Pesanggrahan

- Kel. Gunung
Ketinggian : 50 cm dengan jumlah 1 RT
Penyebab : Luapan Kali Jelawe

3. Jakarta Utara
Terdapat 13 RT terdiri dari:

- Kel. Penjaringan
Ketinggian : 40 cm dengan jumlah 2 RT
Penyebab : ROB

- Kel. Pluit
Ketinggian : 40 s.d. 50 cm dengan jumlah 11 RT
Penyebab : ROB
(ds/sumber CNNIndonesia.com)