150 Personel Gabungan Diterjunkan pada Operasi Zebra Jaya 2021 di Kota Bekasi

  • Oleh : Bondan

Senin, 15/Nov/2021 13:59 WIB
Polres Metro Bekasi Kota menggelar Apel gabungan dimulainya Operasi Zebra Jaya 2021, yang bertempat halaman Mapolres Metro Bekasi Kota, Senin (15/11/2021). Foto: ist. Polres Metro Bekasi Kota menggelar Apel gabungan dimulainya Operasi Zebra Jaya 2021, yang bertempat halaman Mapolres Metro Bekasi Kota, Senin (15/11/2021). Foto: ist.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Polres Metro Bekasi Kota menggelar Apel gabungan dimulainya Operasi Zebra Jaya 2021, yang bertempat halaman Mapolres Metro Bekasi Kota, Senin (15/11/2021).

Dalam Operasi Zebra Jaya ini melibatkan 150 anggota Polri, TNI, Denpom Bekasi, Dishub Kota Bekasi, Satpol PP dan Jasa Marga.

Baca Juga:
Polrestro Bekasi Kota Gelar Sertijab Wakapolres Baru

Wakapolres Metro Bekasi Kota, AKBP Rama Samtama Putra, menjadi inspektur apel gabungan. Foto: ist.

Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Rama Samtama Putra, mewakili Kapolres Metro Bekasi Kota menjadi inspektur apel dengan komandan upacara Kanit Turjagwali  AKP Ganda Siburian dan dihadiri PJU Polres Metro Bekasi Kota mulai dari Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran Polres Metro Bekasi Kota, Perwira Kodim 0507/ Bekasi, Danpomsub Kota Bekasi, dan Jasa Marga.

Baca Juga:
Sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas, Kapolres Metro Bekasi Kota Bagi-bagi Helm saat Operasi Zebra Jaya

Dalam sambutan Kapolda Metro Jaya yang dibacakan Wakapolres Metro Bekasi Kota pada saat apel gelar pasukan mengatakan, situasi sekarang masih dihadapkan dengan situasi pandemi Covid-19, dimana Jakarta termasuk didalam 50 kota didunia Dengan penangan covid-19  yang terbaik dan tercatat lebih unggul dari beberapa kota besar dunia seperti Moskow, Paris , Shanghai maupun Los angeles dalam beberapa kategori sebagaimana dari laporan deep knowleged Covid-19, marking of huminity manyciple pandemic respon, vaksin economi prevetion government safety. 

Adapun angka Covid-19 di DKI saat ini rata-rata penambahan kasus positif harian dalam dua minggu terakhir sebanyak 98 kasus dan jumlah kasus aktif sebanyak 868 kasus.

Baca Juga:
Operasi Zebra Jaya 2022, Satgas Preemtif Polres Metro Bekasi Kota Juga Sasar Siswa Sekolah

Karena angka Covid-19 yang sudah relatif menurun pemerintah mengeluarkan kebijakan yaitu DKI Jakarta dan wilayah aglomerasi termasuk dalam kategori PPKM level 1 hal tersebut berimplikasi pada peningkatan mobilitas masyarakat dan kepadatan lalu lintas.

"Berdasarkan data Tomtom traffic index , index kemacetan Jakarta pada bulan Juli sebesar 8% dan saat ini meningkat menjadi 40%, untuk itu Polda Metro Jaya menggelar Operasi Zebra Jaya 2021 akan dilaksanakan selama 2 minggu, mulai dari 15 November hingga 28 November 2021," kata Wakapolres.

Diharapkan dengan adanya Operasi Zebra Jaya 2021 dapat menurunkan tingkat pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, selain itu diharapkan dapat meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas karena dunia melihat Indonesia salah satunya dari cermin berlalu lintas karena ingin mengetahui budaya suatu bangsa dapat dilihat dari disiplin berlalulintas.

Kapolda Metro Jaya dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Wakapolres AKBP Rama Samtama Putra mengatakan ada enam penekanan terhadap seluruh personil yang bertugas di lapangan khususnya yang terlibat dalam Operasi Zebra Jaya 2021 diantaranya : 

- Pertama agar melaksanakan tugas operasi secara persuasif humanis edukatif dan Simpatik dengan sebaik baiknga dan penuh rasa tanggung jawab.

- Kedua agar diperhatikan antitute anggota di lapangan pada saat operasi, tetap jaga sopan dan santun laksanakan tugas dengan profesional jangan sampai ada kejadian lagi anggota lantas bekerja tidak sesuai dengan prosedur.

 -Ketiga, memaksimalkan ETLE, agar tambahkan CCTV di titik-titik yang berpotensi terjadi pelanggaran lalu lintas baik di jalan tol maupun di jalan utama.

 - Keempat, Terkait hasil pemantauan dilapangan, masih banyak terjadi pelanggaran lalu lintas terutama penggunaan knalpot bising, penggunaan rotator dan sirene yang tidak sesuai peruntukkannya, dan TNKB yang tidak dipasang yang disediakan pabrikan, masih ada kecenderungan terjadinya kerumunan dan abai terhadap Prokes.

-Kelima, Petugas agar memberikan contoh yang baik pada masyarakat dalam operasi, melakukan penegakan hukum dengan melakukan tilang kepada masyarakat yang melanggar lalulintas, Jangan sampai anggota Polri ikut dalam melakukan pelanggaran, misalnya menggunakan knalpot bising.

- Keenam, memasuki musim penghujan agar anggota jaga kesehatan keselamatan diri pribadi dalam melaksanakan tugas dan tetap waspada dan terapkan bagi sistem serta yang terakhir berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sebagai ladang amal ibadah kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kapolda juga tidak lupa menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada segenap jajaran TNI, Pemprov DKI, Pemkot Bekasi Kota dan seluruh pihak yang telah mendukung Operasi Zebra Jaya tahun 2021. (Dan)