Sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas, Kapolres Metro Bekasi Kota Bagi-bagi Helm saat Operasi Zebra Jaya

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 12/Okt/2022 14:24 WIB
Kapolres Metro Bekasi Kota Kombespol Hengki memakaikan helm kepada pengendara sepeda motor yang terjaring operasi Zebra Jaya di Jalan Ahmad Yani atau di depan gerbang Tol Bekasi Barat, Rabu (12/10/2022). Kapolres Metro Bekasi Kota Kombespol Hengki memakaikan helm kepada pengendara sepeda motor yang terjaring operasi Zebra Jaya di Jalan Ahmad Yani atau di depan gerbang Tol Bekasi Barat, Rabu (12/10/2022).

BEKASI (BeritaTrans.com) - Polisi Resor Metro Bekasi Kota membagikan helm bagi pelanggar yang terjaring Operasi Zebra Jaya 2022 di Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi, Rabu (12/10/2022). Namun sebelum menerima helm gratis, para pelanggar disosialisasikan dan harus berjanji untuk selalu mematuhi aturan berlalu lintas.

Sejumlah pengendara tanpa helm disetop untuk kemudian dilakukan sosialaisi dan dikasih helm langsung oleh Kapolres Metro Bekasi Kota Kombespol Hengki. Mendampingi dalam kegiatan Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Rama Samtama Putra, Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kota AKBP Agung Pitoyo, beserta jajaran dan pihak Dishub Kota Bekasi.

Baca Juga:
100 Personel Gabungan Diterjunkan Dalam Operasi Keselamatan Jaya 2023 di Kota Bekasi

"Operasi zebra ini, kita lebih mengutamakan edukasi, mengimbau, menyampaikan dengan persuasif. Supaya masyarakat merasakan, betapa Polri ini bekerja siang malam demi masyarakat Kota Bekasi-khususnya," ujar Kombes Hengki dilokasi operasi, Rabu (12/10/2022).

Pembagian helm secara gratis disebutkan dirinya untuk kembali menyadarkan msyarakat agar pentingnya keselamatan diri terutama dalam berkendara sepeda motor.

Baca Juga:
Polres Metro Bekasi Kota Terjunkan 1.294 Personel Dalam Pengamanan Liga BRI 1 Persija Vs Rans Nusantara FC

"Untuk keselamatan pengguna roda dua, dia harus tertib pula ketika menggunakan sepeda motor, dia harus menggunakan (perlengkapan berkendara) atau memakai helm," ujar Hengki.

Menurut Hengki, jika terjadi kecekakaan, pengendara sepeda motor lebih bisa terselematkan dengan menggunakan helm. Hal itu bisa meminimalisir fatalnya kecelakaan akibat kepala yabg terbentur dengan benda keras. 

Baca Juga:
Kegiatan Jumat Curhat Srikandi Polres Metro Bekasi Kota, Problem Solving Permasalahan Rumah Tangga Warga Harapan Baru

"Ketika terjadi sesuatu kecelakaan, paling tidak bisa terselamatkan kepalanya dari benturan benda keras atau aspal," sebut Hengki.

Pengendara yang terjaring razia beralasan lupa menggunakan helm. Mereka yang terjaring langsung diberikan helm secara gratis dan harus berjanji tidak lagi mengulangi kesalahannya lagi.

"Saya mau pulang ke rumah di Pekayon dekat di situ. Ya namanya juga lupa. Lain kali selalu pakai helmlah," ujar pengendara sepeda motor Erwin Taufik yang menerima helm di lokasi razia.

Erwin juga berterima kasih tidak ada penindakan lain dan dirinya merasa terbantu dengan diberikannya helm secara gratis oleh Polres Metro Bekasi Kota.

"Dengan adanya pembagian helm ini terbantu jugalah saya, jadi terimkasih juga kepada Polres Metro Bekasi Kota. Maunya helm gratis terus dibagi-bagikan kepada masyarakat," ujarnya.

Sedangkan pengendara lain juga menerima helm gratis juga terbantu oleh bantuan helm berstandar SNI pada Rabu siang ini.

"Helm saya kebetulan hilang, jadi helm di rumah enggak SNI jadi enggak sering dipakai," ujar pelanggar Rasyid di lokasi.

Hengki pun berpesan kepada masyarakat, khusunya di wilayah Kota Bekasi untuk selalu tertib berkendara berlalu lintas. Menurutnya ketertiban merupakan faktor keselamatan berkendara. 

"Ayo, sebagai Kapolres ada juga Wakalpolres dan Kasatlantas Metro Bekasi Kota mengajak seluruh masyarakat Kota Bekasi demi mengurangi tibnkat fatalitas kendaraan, terutama pengendara roda dua, sepeda motor tertib berlalu lintas. Ketertiban adalah yang nomor satu untuk keselamatan," katanya.

Perlu diketahui, kegiatan razia dan pembagian helm gratis tersebut merupakan giat Tertib Berlalu Lintas Guna Mewujutkan Kamseltibcarlantas yang Presisi. Operasi Kepolisian Zebra Jaya berlangsung 3 -16 Oktober 2022. (fhm)