Peroleh 337 Suara, Yahya Cholil Staquf Resmi Terpilih Sebagai Ketua Umum PBNU 2021-2026

  • Oleh : Dirham

Jum'at, 24/Des/2021 10:53 WIB
Gus Yahya Cholil Staquf. Gus Yahya Cholil Staquf.

LAMPUNG (BeritaTrans.com) - Nama Yahya Cholil Staquf resmi terpilih menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) masa khidmat 2021-2026, melalui Muktamar ke-34 yang digelar di Lampung, Jumat (23/12).

Pemilihan Ketua Umum PBNU berlanjut ke putaran kedua. Dimana pada putaran pertama ada empat nama yakni Yahya Cholil Staquf, Said Aqil Siradj, As'ad Said Ali, dan Marzuki.

Dari putaran pertama menghasilkan dua calon yang memenuhi syarat 99 suara yakni Yahya Cholil Staquf dan Said Aqil Siradj. Keduanya menyatakan bersedia mencalonkan diri sebagai calon ketua umum PBNU dan mendapatkan rekomendasi dari Rais 'Aam.

Berbeda dari putaran pertama, pada putaran kedua pemilihan dilakukan dengan mencontreng salah satu nama dari dua nama calon. Dan surat suara dimasukkan ke dalam kotak suara. Pemilihan ataupun pemungutan suara berlangsung sekitar dua jam.

Kemudian sekitar pukul 09.25 WIB, pemungutan suara selesai dan langsung dilakukan penghitungan suara. "Mudah-mudahan penghitungan suara ini berjalan lancar dan membawa keberkahan bagi kita semua," ucap Muhammad Nuh selaku pimpinan sidang.

Penghitungan suara dipimpin oleh Mohammad Mukri yang membacakan surat suara yang dibuka. Pencatatan juga dilakukan secara manual pada papan tulis putih, dengan saksi-saksi yang sudah ditentukan.

Tidak hanya putaran pertama, pada putaran kedua pun nama Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) memimpin dibandingkan Said Aqil Siradj (Kiai Said). Suara para Muktamirin terdengar riuh bersemangat saling menyemangati masing-masing calon.

Berdasarkan selesainya penghitungan suara pemilihan ketua umum PBNU pada Muktamar ke-34 yang berlangsung di GSG Unila didapatkan hasil, Yahya Cholil Staquf memperoleh 337 suara unggul atas Said Aqil Siradj yang mendapat 210 suara. Sementara 1 suara dinyatakan tidak sah atau batal.

Selesainya perhitungan suara ditutup dengan salawat dari para Muktamirin. (ds/sumber Lampung Geh/Kumparan.com)
 

Tags :