Penyelam Yunani Temukan Bangkai Kapal Selam Perang Dunia II Italia

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 30/Des/2021 22:47 WIB
Kapal selam Australia HMAS AE1 di lepas pantai pulau New Britain di Papua Nugini. Sejumlah penyelam Yunani menemukan reruntuhan kapal selam Italia, 80 tahun setelah ditenggelamkan Pasukan Sekutu di Laut Aegea pada Perang Dunia II. Foto: voaindonesia.com. Kapal selam Australia HMAS AE1 di lepas pantai pulau New Britain di Papua Nugini. Sejumlah penyelam Yunani menemukan reruntuhan kapal selam Italia, 80 tahun setelah ditenggelamkan Pasukan Sekutu di Laut Aegea pada Perang Dunia II. Foto: voaindonesia.com.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sejumlah penyelam Yunani menemukan reruntuhan kapal selam Italia, 80 tahun setelah ditenggelamkan Pasukan Sekutu di Laut Aegea pada Perang Dunia II.

Jantina, yang berlayar dari Pulau Leros Yunani dengan 48 pelaut di dalamnya, tenggelam pada 5 Juli 1941, setelah dihantam torpedo yang ditembakkan kapal selam Inggris HMS Torbay.

Baca Juga:
Pertahanan Laut Rusia Bikin Kapal Selam Nuklir Baru, Bawa Rudal Hipersonik

Kapal itu ditemukan bulan lalu oleh Kostas Thoctarides, salah satu penyelam paling terkenal di Yunani, dan timnya, di selatan Pulau Mykonos pada kedalaman 103 meter dengan menggunakan kendaraan bawah air yang dioperasikan dari jarak jauh, ROV Super Achilles.

Kendaraan itu berhasil melakukan penyelidikan rinci pada reruntuhan kapal itu.

Baca Juga:
Kapal Selam Penjelajah Bangkai Titanic Berpenumpang 5 Orang Hilang

"Sejarah angkatan laut seperti teka-teki, dan ini adalah bagian dari teka-teki itu," kata Thoctarides, pakar maritim, kepada kantor berita Reuters. "Konfrontasi dua kapal selam adalah peristiwa Angkatan Laut yang langka."

Identitas Jantina dikukuhkan setelah merujuk pada catatan di Kantor Sejarah Angkatan Laut Italia, kata Thoctarides.

Baca Juga:
TNI AL Siap Perkuat Pertahanan dengan Alutsista Baru Tahun 2023

Ini adalah kapal selam keempat yang ditemukan dan diidentifikasi oleh Thoctarides. (dn/sumber: voaindonesia.com)