Bus Sinar Jaya Ekspansi ke Kuningan Jawa Barat: Berangkat dari Taman Harapan Baru

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 07/Janu/2022 18:35 WIB
Sejumlah bus tengah dipersiapkan berangkat dari Taman Harapan Baru (THB) Kota Bekasi, Jumat (7/1/2021). Bus sedang menanti penumpang ke tujuannya yang akan berangkat menuju sejumlah kota di Jawa Tengah. Sejumlah bus tengah dipersiapkan berangkat dari Taman Harapan Baru (THB) Kota Bekasi, Jumat (7/1/2021). Bus sedang menanti penumpang ke tujuannya yang akan berangkat menuju sejumlah kota di Jawa Tengah.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Koridor Jakarta-Bekais-Kuningan semakin marak dengan hadirnya bus Sinar Jaya. Trayek ke Kuningan itu menjadi sinyal perusahaan otobus (PO), yang memiliki market kuat di kawasan Jawa Tengah, itu semakin ekspansif ke rute-rute Jawa Barat.

Di rute Jakarta-Kuningan dan Bekasi-Kuningan sebenarnya telah ada PO Sahabat, Setianegara dan Luragung. Lalu menyusul PO Primajasa, yang ternyata mendapat sambutan bagus dari market.

Baca Juga:
Bus NPM Tujuan Padang Dari Terminal Bekasi Ramai Penumpang Meski Harga Tiket Naik

Kue manis di koridor itu ternyata juga dilirik oleh PO Sinar Jaya, yang memiliki pool besar di Jawa Barat, tepatnya di Cibitung, Kabupaten Bekasi. 

Dari Taman Harapan Baru (THB), Kota Bekasi, bus Sinar Jaya melayani trayek ke Kuningan. Tepat di belakang SPBU Kaliabang di Jalan Raya Pondok Ungu Permai, terdapat agen resmi PO Sinar Jaya, yang juga memberangkatkan tujuan sejumlah kota di Jawa Tengah.

Baca Juga:
Daftar Tarif Angkutan Umum di Terminal Trunojoyo Sampang Usai Kenaikan Harga BBM, MPU Sampai AKAP

Operasional agen Sinar Jaya tersedia mulai pukul 6.00 hingga 18.30 WIB yang dilayani setiap hari. Untuk tujuan Pekalongan tersedia pukul 6.30. Untuk tujuan ke Kuningan melalui, Cilimus dan Maleber tersedia pukul 6.30 dengan tarif sekitar Rp90 ribu. 

"Pagi kita sudah buka, untuk tujuan Pekalongan sama Jawa Tengah," ujar Tanjung pengurus tiketing di agen tersebut, Jumat (7/1/2022). 

Baca Juga:
Sudah Naik! Ini Tarif Baru Bus Sempati Star Medan-Jakarta, Medan-Banda Aceh

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id pada keberangktan sore, banyak calon penumpang datang untuk membeli tiket secara on the spot. Ruang tunggu yang hanya terlihat sederhana banyak dipenuhi calon penumpang dan kerabat pengantar. 

Beberapa bus juga terlihat baru tiba menurunkan penumpang kemudian untuk diberangkatkan kembali. 

Tanjung mengatakan untuk keberangktan pagi tersedia bus akan berangkat jam 6.30 untuk tujuan Pekalongan dan Kuningan. 

Sedangkan untuk yang jadwal lain, pukul 16.30 untuk tujuan Pekalongan, Wonosobo dan Purworejo. Tujuan itu, bus akan diberangktkan secara berurutan tergantung ketersediaan penumpang dan bus yang ada. 

Dijelaskan Tanjung, agen di sini memberangkatkan bus awal untuk selanjutnya akan menaiki penumpang di agen lainnya yang ada di seputaran Kota Bekasi. 

"Nanti di sini berapapun penumpang tetap berangkat, ada enggak ada tetap berangkat. Nanti di Cibitung naik lagi dari sana penumpangnya," kata Tanjung. 

Untuk tujuan Pekalongan tersedia pukul 6.30. Untuk tujuan ke Kuningan melalui, Cilimus dan Maleber tersedia pukul 6.30 dengan tarif sekitar Rp90 ribu. 

Untuk tujuan sore tersedia pukul 16.30 untuk tujuan Pekalongan dengan tarif berkisar Rp90 ribu sampai dengan Rp100 ribu, untuk ke Wonosobo tarif tiket  Rp110 ribu sampai dengan Rp120 ribu dan  Purworejo tarif Rp140 ribu termasuk servis satu kali makan. 

Untuk saat ini situasi dikatakan Tanjung, jumlah penumpang dari lokasi tersebut terbilang lumayan bagus. Dia setiap harinya mampu tercukupi biaya kos yang ditetapkan setiap harinya.(fhm)