PO Primadona Akhirnya Rilis Bus Tingkat dari Karoseri New Armada

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 15/Janu/2022 09:19 WIB
Bus tingkat PO Primadona. Bus tingkat PO Primadona.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PO Primadona asal Sulawesi memang terkenal akan armadanya yang premium. Bahkan PO ini punya beberapa bus tingkat buatan Karoseri New Armada asal Magelang. 

Pada Rabu (12/1/2022), PO Primadona menambah armada bus tingkat dari Karoseri New Armada. Kali ini, bus baru tersebut menggunakan model Skylander Double Decker dengan fitur sleeper di bagian dek bawah. 

Baca Juga:
Incar Transjakarta, Moeldoko Klaim Harga Bus Listrik MAB Selisih Rp1 Miliar

Lilik Prasetyawan, Business Advisor & Sales Karoseri New Armada menjelaskan, bus tingkat terbaru PO Primadona ini dipasang ke sasis Mercedes Benz 2542. 

“Sebenarnya bus sudah jadi dari 2019, tapi diundur, kemungkinan karena Covid,” ucap Lilik kepada Kompas.com, Rabu (12/1/2022). 

Baca Juga:
Mewah! Bus Suite Class Sinar Jaya, Kabin Nyaman, Berlimpah Fitur

Layaknya bus PO Primadona lainnya, bus berkelir kuning ini juga memakai livery bertema binatang. Untuk model terbaru kali ini, livery burung Cendrawasih dipasang pada bagian samping belakang bus. 

Soal desain eksterior, Skylander Double Decker ini bisa dibilang paling tegas bentuknya. Lihat saja di bagian depan, model lampunya unik memberi kesan yang galak. 

Baca Juga:
Bus Baru PO Bin Ilyas, Pakai Bodi Avante H8

Begitu juga di kaca depan, tidak ada bando layaknya bus tingkat buatan karoseri lainnya. Tidak hadirnya bando pada bus buatan Karoseri New Armada membuat tampilannya elegan, kaca depan terasa besar tanpa adanya sekat pemisah. 

Masuk ke bagian kabin, terdapat tiga model bangku pada bus sepanjang 13,5 meter ini. Di dek bawah, ada dua bangku sleeper dan di belakangnya ada bangku dengan susunan 2-1 yang dilengkapi leg rest. 

Bus tingkat yang akan beroperasi di tanah Sulawesi ini juga tidak dilengkapi dengan toilet. Prasetya mengatakan, pemesan bus menjelaskan kalau di jalanan sudah banyak rest area, jadi toilet tidak diperlukan di kabin bus. 

“Fiturnya untuk sleeper ada TV dan colokan USB, selain itu juga ada tombol untuk lampu. Di belakangnya ada juga TV untuk penumpang yang duduk di bangku 2-1,” ucap Prasetya. 

Beralih ke kabin atas, terdapat bangku yang disusun 2-2 dengan leg rest. Semua bangku yang ada di bus ini menggunakan bahan beludru yang nyaman sehingga penumpang semakin betah untuk duduk di kabinnya. 

Selain itu, jika diperhatikan pada kaca samping atas, terdapat dua jendela geser yang ada di setiap sisinya. Prasetya mengatakan, walaupun bus sudah menggunakan AC, jendela geser tadi bisa berfungsi untuk sirkulasi udara di kabin.(fh/sumber:kompas)