Imbas Tsunami Tonga, Belasan Kapal Terbalik di Jepang

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 16/Janu/2022 19:15 WIB


TOKYO (BeritaTrans.com) - Belasan kapal terbalik di Jepang sebagai imbas tsunami, yang melanda Tonga, satu negara kerajaan dekat Selandia Baru.

Baca Juga:
Cilegon Banten Terancam Gempa 8,7 dan Tsunami 8 Meter dari Selat Sunda

Beberapa kapal terbalik atau rusak di Prefektur Kochi dan Tokushima, Kyodo News melaporkan.

Tidak ada cedera serius atau kerusakan yang dilaporkan, Badan Penanggulangan Kebakaran dan Bencana melaporkan pada pukul 14.00 waktu setempat, Minggu.

Baca Juga:
Hari Ini Peringati 17 Tahun Tsunami, Nelayan Aceh Dilarang Melaut

Dikutip dari Japan Times, sebanyak 14 kapal terbalik, tenggelam atau hanyut di Prefektur Kochi, dan 5 kapal terbalik di Prefektur Tokushima, sementara tidak ada korban yang dilaporkan.

Jepang mencabut peringatan tsunami untuk prefektur Iwate dan semua peringatan untuk daerah di sepanjang pantai Pasifik, lapor penyiar kantor berita NHK Jepang, Minggu (16/1/2022).

Baca Juga:
Waspada, Kepala BMKG Sebut Ada Potensi Tsunami hingga 8 Meter Saat Nataru di Cilegon

Dikutip dari Bloomberg, Jepang sebelumnya mengeluarkan pemberitahuan tsunami menyusul letusan gunung berapi bawah laut di Tonga.

Letusan itu mengakibatkan gelombang setinggi 3 meter dan gelombang setinggi 1,1 meter diamati di prefektur Iwate, kata NHK.

Meskipun mungkin ada perubahan lebih lanjut dalam pasang surut dan ketinggian gelombang, pihak berwenang tidak lagi khawatir tentang kemungkinan kerusakan, NHK mengutip Badan Meteorologi Jepang mengatakan.

Teluk Tokyo, Teluk Osaka, dan laut pedalaman Seto tidak termasuk dalam peringatan tsunami.

Sebagai langkah antisipasi tsunami sebelumnya layanan kereta api telah dihentikan di beberapa daerah di sepanjang pantai dan perintah evakuasi telah dikeluarkan untuk lebih dari 200.000 penduduk, menurut laporan setempat.

Tags :