OP Awards 2021, Picu Kinerja Lebih Baik Stakeholder Kepelabuhanan

  • Oleh : Ahmad

Rabu, 26/Janu/2022 15:36 WIB
foto:istimewa foto:istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  OP Awards 2021 digelar Kantor Otoritas Pelabuhan Utama (OP) Tanjung Priok.  Ini untuk mengapresiasi stakeholders di Pelabuhan Tanjung Priok yang telah memberikan pelayanan kepada pengguna jasa selama periode tahun 2021.

Tujuannya memicu peningkatan kinerja, layanan digitalisasi kepelabuhan, dan upaya menuju Green Port serta menjadi Smart Port.

Baca Juga:
Pelabuhan Tanjung Priok Terapkan Truck and Terminal Booking System

OP Awards 2021 dibuka oleh Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Kementerian Perhubungan, Ir Arif Toha Tjahjagama DEA.

Dia menyampaikan peran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam memastikan kelancaran arus barang di pelabuhan.

Baca Juga:
Sosialisasi STID: 722 Truk sudah Terdaftar di Pelabuhan Tanjung Priok

Selain itu, dia juga menyampaikan apresiasi kepada Stakeholders Pelabuhan Tanjung Priok yang telah dan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepelabuhanan di  Pelabuhan Tanjung Priok. 

Baca Juga:
OP Tanjung Priok Optimalkan Penggunaan Aplikasi Online dalam Pelayanan

“Acara OP Awards 2021 ini merupakan salah satu bentuk reward atau penghargaan yang diberikan kepada Perusahaan atau Terminal Operator yang melakukan suatu keunggulan atau prestasi, memberikan suatu sumbangsih, atau berhasil membuat inovasi tertentu.”, ujar mantan Kepala Kantor Otoritas Utama Tanjung Priok itu, Rabu (26/1/2022).

Ini juga sebagai bentuk dan bukti apresiasi kami sebagai Instansi Pemerintah (dalam hal ini Kementerian Perhubungan) terhadap  Terminal Operator, Stakeholders di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok

"Semoga dengan diselenggarakannya acara ini oleh Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok dapat memberikan motivasi kepada stakeholders untuk memacu dan meningkatkan pelayanan kepelabuhanan menjadi lebih baik dimasa yang akan datang," ungkap.Plt. Dirjen Hubla.

Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok pada Tahun 2021 telah meraih predikat ISO terintegrasi yaitu ISO 9001:2015, 14001:2015, 45001:2018 dari Lloyds Register dan ISO 37001:2016 dari The British Standard Institution.

"Saya mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, semoga menginspirasi UPT maupun instansi lain untuk meningkatkan kualitas sistem manajemen," tambahnya.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut juga memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan STID (Single Truck Identification Data) yang telah diberlakukan di semua terminal di Pelabuhan Tanjung Priok dan berharap ke depan bisa dikembangkan dalam rangka mendukung National Logistic Ecosystem melalui Truck Booking System.

Selain itu di bidang pelestarian lingkungan melalui program Green Port, Ditjen Hubla juga memberikan apresiasi terhadap pencapaian satus penilaian Proper Lingkungan “BLUE” dari Kementerian KLH kepada Pelabuhan Tanjung Priok.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama  Tanjung Priok, Dr Capt Wisnu Handoko MSc menjelaskan maksud dan tujuan diadakannya acara OP Awards ini. 

Dia juga menyampaikan kategori-kategori yang terdapat pada OP Awards 2021.

“Maksud kegiatan ini adalah terlaksananya kegiatan Acara OP Awards 2021 dan memberikan apresiasi, dukungan serta motivasi kepada Stakeholders di Pelabuhan Tanjung Priok. Acara ini diharapkan dapat memberikan motivasi atau memacu dalam meningkatkan kinerja dan produktifitas pelayanan kepada pengguna jasa dibidang transportasi laut," papar Capt. Wisnu.

Penghargaan OP Awards 2021 terdiri dari 12 Kategori yaitu Terminal Operator dengan Kontribusi PNBP Terbaik, Terminal Operator Dengan Tingkat Pencapaian Zero Accident, Terminal Operator dengan Administrasi dan Pelaporan Lingkungan Terbaik, Terminal dengan Sarana Pengelolaan Lingkungan Terbaik, Terminal Operator Terinovatif dalam Mendukung GreenPort Pelabuhan Taniung Priok, Terminal Operator Terbaik dalam Mendukung Program Digitalisasi Layanan Kepelabuhanan, Perusahaan Bongkar Muat Terbaik dalam Administrasi dan Pelaporan.

Selanjutnya TKBM Terproduktif dan Safe Performance, Terminal Operator dengan Kinerja Terbaik, Perusahaan Truk Terbaik Dalam Penerapan STID, Asosiasi Truk yang memberikan Dukungan Pendaftaraan STID Terbanyak, Terminal Dalam Mendukung Kampanye Anti Korupsi.

“Kami  mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang telah hadir baik secara langsung maupun secara virtual dan mengapresiasi kepada pihak-pihak yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan acara OP Awards 2021. Saya berharap, acara ini dapat meningkatkan kolaborasi serta sinergi antar Instansi Pemerintah dan Stakeholders di Pelabuhan Tanjung Priok serta meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa transportasi khususnya jasa kepelabuhanan dalam rangka mewujudkan Pelabuhan yang bertaraf internasional,"  tutup Capt Wisnu. (ahmad)