Kapolrestro Bekasi Kota Berharap Anggota Bisa Adaptasi di Era Digital 4.0

  • Oleh : Bondan

Jum'at, 11/Feb/2022 21:28 WIB
Kapolrestro Bekasi Kota, Kombes Pol. Hengki, mengunjungi Polsek Bekasi Kota. Foto: istimewa. Kapolrestro Bekasi Kota, Kombes Pol. Hengki, mengunjungi Polsek Bekasi Kota. Foto: istimewa.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol. Hengki beserta para PJU kembali menyambangi Polsek Jajaran. Polsek Bekasi Kota menjadi tempat kesekian dalam rangka menjalin silaturahmi dan memberikan arahan kepada Polsek jajaran.

Dalam kunjungannya, Kapolres didampingi Kasie Humas Polres Metro Bekasi Kota Kompol Erna Ruswing Andari, Kasie Was Polres Metro Bekasi Kota, Kasie Propam, Kabag SDM AKBP Agustin dan diterima langsung oleh Kapolsek Bekasi Kota Kompol Armayni serta jajaran.

Baca Juga:
1.864 Personel Gabungan Diterjunkan Dalam Pengamanan Pertandingan Bola Persija Vs Persikabo di Stadion Chandrabhaga

Dalam arahannya, Kapolres menyampaikan kepada seluruh jajaran Polsek Bekasi Kota untuk selalu profesional dalam menjalankan tugas namun tetap humanis. 

"Kita itu mempunyai kewenangan yang sungguh luas dibanding instansi terkait pemerintah lainnya, anda bisa menggeledah orang, bisa menghentikan orang, kita bisa melakukan pemeriksaan kepada orang yang kita curigai dengan kewenangan kita sebagai anggota polri," katanya.

Baca Juga:
Polsek Bekasi Selatan Geber Jumat Curhat Polda Metro Jaya

Namun, kata Kapolres bahwa itu merupakan tanggung jawab yang besar sebagaimana diatur undang-undang nomor 2 tahun 2002 tentang kepolisian negara republik Indonesia. Pada pasal 13 ayat 1 ada Harkamtibmas (Pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat), pada ayat 2 menegakan hukum dan ayat 3 memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

"Itulah yang menjadi tugas pokok kita sebagai anggota polri, rekan-rekan, tidak ada satupun pimpinan itu yang tidak ingin melakukan perubahan menuju Polri yang lebih baik, semuanya pimpinan kita, dari mulai pimpinan kapolri yang terdahulu hingga sekarang semuanya ingin baik, sama, dari pimpinan polres terdahulu hingga saat sekarang ini saya,semua ingin yang terbaik," imbuhnya.

Baca Juga:
Kapolrestro Bersama Dandim, Ketua DPRD dan Plt Wali Kota Bekasi Hadiri Pelantikan Anggota PPK Pemilu 2024

Kapolres kembali mengingatkan Polri Presisi dengan 4 transformasi Polri yaitu transformasi di bidang Organisasi, transformasi Operasional, tranformasi di bidang Pelayanan dan tranformasi di bidang Pengawasan.

Pada era digital 4.0, anggota diharapkan dapat beradaptasi dengan perkembangannya. Itu semua merupakan bentuk transformasi polisi modern dimana semuanya berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat. 

"Semuanya tentu dengan kemajuan teknologi itu ada sisi negatif dan ada sisi positifnya, kita menyesuaikan perkembangan zaman," pungkasnya.

Selain itu, Polri juga berkomitmen dalam ikut serta pada penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi secara global serta penanganan konflik sosial.

Polsek Bekasi Kota, kecamatan Bekasi Barat sendiri membawahi 5 kelurahan yaitu kelurahan Bintara, kelurahan Bintara Jaya, kelurahan Kota Bekasi dan kelurahan Jakasampurna. Dengan penduduk lebih 267.638 orang yang terdiri dari 97 RW secara keseluruhan, tidak dibanding dengan anggota Polsek yang hanya berjumlah 79 personil. 

Dalam kesempatan itu, Kapolres juga melakukan pengecekan ruangan pelayanan di Polsek Bekasi Kota. (Dan)