Bus Rombongan Peziarah Tabrakan dengan Truk Tronton, Empat Penumpang Luka-Luka

  • Oleh : Taryani

Jum'at, 18/Feb/2022 09:04 WIB
Penumpang bus yang terluka mendapat perawatan di rumah sakit. (Foto:Kompas.com) Penumpang bus yang terluka mendapat perawatan di rumah sakit. (Foto:Kompas.com)

LAMONGAN (BeritaTrans.com) – Bus yang membawa 30 orang peziarah dari Kabupaten Bogor bertabrakan dengan truk tronton di Jalur Daendels, Lamongan, Jawa Timur.

Akibat musibah itu,  empat orang penumpang bus mengalami luka-luka dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soegiri Lamongan.

Keempat korban yang dirawat itu yakni,  Enjuh Juhaeriyah, 6 2 dan Abdul Rojak, 62  warga Desa Cimayang, Kecamatan Pamijahan, Bogor.

Korban lainnya, Tamilah, 54 warga Desa Gunung Menyan, Kecamatan Pamijahan, dan Pongki Lesmana, 49  warga Desa Cibeber, Leuwiliang, Bogor.

"Ada empat orang korban yang masih opname di tempat kami. Atas nama Pongky, Tamilah, Abdul Rojak, dan Enjuk Juhaeriyah," ujar Humas RSUD dr Soegiri Lamongan Tadi, saat dihubungi, Kamis (17/2/2022).

Tadi mengatakan, keempat pasien membutuhkan perawatan karena mengalami patah tulang akibat kecelakaan tersebut.

Bahkan, satu dari empat pasien itu dinyatakan positif Covid-19. Pasien itu kini menempati ruang iolasi.

"Rata-rata mengalami patah tulang. Dengan satu orang di antaranya, positif Covid-19," ucap Tadi.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Lamongan,  Iptu Anang Purwo mengatakan, sebagian korban luka dalam kecelakaan itu dilarikan ke Puskesmas Brondong.

Sebagian lainnya dibawa ke RSUD dr Soegiri. "Saat ini, korban Laka (kecelakaan) tersebut tinggal empat orang yang dirawat di RSUD Soegiri. Sementara yang lain sudah pulang," kata Anang.

Rencananya, Satlantas Polres Lamongan dan Dinas Perhubungan Lamongan hendak memeriksa fisik kendaraan truk yang menabrak bus rombongan itu.

Pemeriksaan itu untuk mengetahui truk tersebut masuk kategori over dimension over loading (ODOL) atau tidak.

"Belum (cek fisik kendaraan), ini masih kita agendakan pada hari yang lain. Rencana hari ini, kita gelar perkara dengan Kasatlantas," tutur Anang.

Truk tronton nomor H 1587 VL dikemudikan Riko Setyo Budi tidak kuat melewati tanjakan di Jalur Daendles, Lamongan.

Akibatnya truk mundur dan menabrak bus nomor T 7810 AB dikemudikan Jainudin, yang ditumpangi 30 orang peziarah Wali Songo asal Kabupaten Bogor. (tr/Sumber:Kompas.com)