Airnav Cabang Denpasar Tetap Beroperasi di Libur Nyepi

  • Oleh : Naomy

Kamis, 03/Mar/2022 07:22 WIB
Petugas navigasi di Bandara Ngurah Rai Petugas navigasi di Bandara Ngurah Rai

 

TANGERANG (BeritaTrans.com) – AirNav Indonesia Cabang Denpasar tetap beroperasi selama Hari Suci Nyepi Tahun Caka 1944, Kamis (3/3/2022).

Baca Juga:
Inilah Transformasi Airnav Memasuki Usia 10 Tahun

Direktur Utama AirNav Indonesia, Polana B. Pramesti menyebutkan, operasional navigasi penerbangan akan terus berjalan, karena Cabang Denpasar tidak hanya melayani penerbangan take-off/landing di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali (Bandara Ngurah Rai), namun juga penerbangan lintas (overflying) di ruang udara Bali Terminal Control Area (TMA).

"Hanya saja, mekanisme pelaksanaan tugas kedinasannya akan menyesuaikan aturan yang berlaku di Bali," ucapnya.

Baca Juga:
Dimulai Hari ini, Airnav Kembali Layani Penerbangan Komersial di Bandara Halim

Hal tersebut termasuk pengaturan mobilitas Karyawan operasional dari dan ke kantor AirNav Denpasar selama batasan waktu perayaan Nyepi berlangsung.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, operasional pelayanan navigasi penerbangan di Cabang Denpasar akan tetap berlangsung selama Nyepi tahun ini. Namun, seluruhnya menyesuaikan dengan regulasi dan aturan adat di Bali yang mengacu pada Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 003.2/1412/DISHUB Tahun 2022 tanggal 22 Februari 2022 tentang Pelaksanaan Hari Suci Nyepi Tahun Caka 1944,” urai Polana.

Baca Juga:
Airnav Pantau Insentif Dampak Erupsi Gunung Anak Krakatau

Seluruh personel yang bertugas hari ini mempersiapkan diri dan datang ke kantor mulai kemarin (2/3/2033).

Polana menambahkan, personel yang akan bertugas dan standby di kantor selama Nyepi antara lain adalah petugas Air Traffic Control  (ATC), Aeronautical Communication Officer (ACO), petugas Air Traffic Flow Management (ATFM), petugas Data Produksi, dan Teknisi  Communication, Navigation, Surveillance, and Automation (CNSA).

"Seluruh personel operasional tersebut akan berdinas dengan pendampingan dan pengawasan oleh Manager Operasi dan Manager Teknik," tuturnya.

Sementara itu, AirNav Indonesia telah menerbitkan Notice To Airmen (NOTAM) khusus untuk perayaan Nyepi tahun 2022. NOTAM dengan Nomor A0031/22 yang berlaku sejak 3 Maret 2022 pukul 06.00 WITA – 4 Maret 2022 pukul 06.00 WITA ini menyatakan bahwa Bandara Ngurah Rai tutup dikarenakan adanya perayaan Nyepi (aerodrome closed due to silent day).

Hal tersebut mengacu pada surat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Nomor AU/2696/DAU/1796/99 tanggal 1 September 1999 perihal Pengoperasian Bandar Udara Ngurah Rai Denpasar Pada Hari Raya Nyepi, dan akan berdampak pada kurang lebih 140 pergerakan penerbangan take-offlanding di Bandara Ngurah Rai (rata-rata harian pada tahun 2022 berjalan).

Selama Hari Suci, seluruh penerbangan domestik dan internasional dengan tujuan akhir dan keberangkatan pertama dari Bandara Ngurah Rai ditiadakan.

Penerbangan transit diizinkan, namun dilarang mengangkut penumpang dengan tujuan akhir atau berangkat dari Bandara Ngurah Rai (hanya diizinkan mengangkut penumpang transit/ transfer).

Adapun sejumlah penerbangan lain yang diizinkan beroperasi dengan pelayanan navigasi oleh AirNav Cabang Denpasar antara lain overflying, penerbangan medis (medical evacuation), pendaratan penerbangan dengan permasalahan teknis (technical landing), dan pendaratan penerbangan darurat (emergency landing). Khusus untuk technical landing, awak pesawat dan penumpang diharuskan tetap berada di wilayah Bandara Ngurah Rai selama rentang waktu perayaan Nyepi.

Lebih lanjut, Polana menerangkan bahwa selain melayani  departure dan arrival flight di Bandara Ngurah Rai, AirNav Cabang Denpasar juga melayani penerbangan overflying di Bali TMA, khususnya rute Surabaya – Lombok  Vise Versa (vv) dan Jakarta – Lombok vv dengan jumlah rata-rata 45 – 60 pergerakan setiap harinya.

"Hal tersebut mengharuskan AirNav Denpasar beroperasi 24 jam untuk memberikan pelayanan. Pengaturan operasional saat perayaan Nyepi yang merupakan Hari Suci bagi Umat Hindu di Bali, khususnya, merupakan sebuah agenda tahunan yang mekanisme pelaksanaannya sudah dipersiapkan dengan matang melalui koordinasi yang baik dengan seluruh  Stakeholder penerbangan di wilayah Bandara Ngurah Rai," imbuhnya.

AirNav berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik dengan kondisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan fasilitas yang prima bagi para pengguna jasa.

Semoga perayaan Nyepi tahun ini berlangsung dengan khidmat dan membawa keberkahan untuk kita semua, terutama masyarakat Hindu di Bali. Dan mewakili keluarga besar AirNav Indonesia, saya mengucapkan Selamat Hari Suci Nyepi Tahun Caka 1944 untuk semua yang merayakannya. (omy)

 

.