Dukung MotoGP Mandalika, Layanan Airnav Lombok 24 Jam Tanpa Henti pada 15-25 Maret

  • Oleh : Naomy

Senin, 14/Mar/2022 18:57 WIB
Airnav cabang Lombok Airnav cabang Lombok

TANGERANG (BeritaTrans.com) – AirNav Indonesia siap dukung dan sukseskan perhelatan seri kedua MotoGP 2022 yang akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat  (NTB) 18 – 20 Maret 2022. 

Direktur Utama AirNav Indonesia, Polana B Pramesti menyebutkan pada 15 - 25 Maret 2022, layanan AirNav di Cabang Lombok kembali dibuka 24 jam tanpa henti (non-stop). 

Baca Juga:
Inilah Transformasi Airnav Memasuki Usia 10 Tahun

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan, khususnya dari segi kuantitas, kepada seluruh penerbangan pendukung (supporting-flight) selama event berlangsung.
 
“Menjelang Hari-H MotoGP sampai dengan satu minggu setelahnya, kami (Cabang Lombok) kembali memberikan pelayanan selama 24 jam non-stop. Kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk mendukung event internasional yang diprediksi akan ditonton oleh 1/3 penduduk dunia ini. Personel kami siap. Fasilitas kami selalu siap," urai Polana Senin (14/3/2022). 

Fleksibilitas alokasi waktu terbang (slot time) penerbangan juga dimaksimalkan untuk mempermudah operator (maskapai) dalam mengajukan percepatan/ penundaan terbang. 

Baca Juga:
Dimulai Hari ini, Airnav Kembali Layani Penerbangan Komersial di Bandara Halim

"Semua pengajuan dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi ‘Chronos’ milik AirNav,"  katanya.
 
Polana menerangkan bahwa sejak pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) melanda Indonesia, jam operasional AirNav Cabang Lombok diubah dari yang sebelumnya 24 jam sehari menjadi sembilan jam sehari, yaitu pukul 08.00 – 17.00 WITA. 

Jam operasional tersebut selaras dengan operasional di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Lombok (Bandara Lombok). 

Baca Juga:
Airnav Pantau Insentif Dampak Erupsi Gunung Anak Krakatau

"Namun, khusus untuk mendukung gelaran MotoGP Mandalika 2022, pelayanan kembali dibuka 24 jam," imbuh dia.
 
Polana menyatakan, selain melarang drone terbang di sekitar area sirkuit Mandalika, AirNav berkoordinasi dengan sejumlah stakeholder kegiatan yakni Indonesia Tourism Develompent Corporation (ITDC) dan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) menetapkan area dengan ketinggian 0 – 2.000 FT (0 – 610 M) dalam radius 2 NM (3,7 KM) dari pusat sirkuit Mandalika terbatas untuk penerbangan.

Kecuali untuk penerbangan darurat evakuasi medis (Medivac Flight), angkutan VIP (VIP Flight), penerbangan kenegaraan (State Aircraft), penerbangan militer (Military Flight), dan penerbangan resmi event MotoGP (Official Flight). 

Pembatasan tersebut dilakukan untuk menjamin keselamatan dan keamanan kegiatan terhadap potensi ancaman udara. 

“AirNav telah menerbitkan NOTAM pembatasan penerbangan sipil, baik yang berjadwal maupun tidak berjadwal, untuk tidak terbang di area di atas sirkuit dengan ketinggian tertentu. Detailnya bisa dicek di NOTAM Nomor B0372/22. NOTAM tersebut berlaku sejak 16 Maret 2022 pukul 08.00 WITA hingga 21 Maret 2022 pukul 17.00 WITA," bebernya.

Polana menambahkan, terjadi kenaikan jumlah pergerakan lalu lintas penerbangan dari dan menuju Lombok menjelang gelaran MotoGP. 

Sejumlah penerbangan tambahan (extra flight) telah mengajukan slot time unscheduled flight, termasuk 17 penerbangan sewa (charter flight) vise versa (vv) yang mengangkut Pembalap dan official crew MotoGP sejak Ahad (13/3) hingga Senin (21/3). 

Jumlah tersebut belum termasuk penerbangan tambahan yang mengangkut para penumpang. 

“Kami memperkirakan kenaikan pergerakan hingga 75% dalam minggu ini sampai dengan 22 Maret nanti, dibanding hari-hari sebelumnya sepanjang 2022. Jumlah pergerakan lalu lintas penerbangan di Bandara Lombok pada minggu ke-2 Maret saja tercatat meningkat sebesar 25% dibandingkan dengan minggu pertama," papar Polana. 

Pihaknya telah mengantisipasi hal tersebut, dan siap memberikan layanan prima.
 
Dukungan pada perhelatan MotoGP Mandalika 2022 merupakan salah satu fokus utama AirNav Indonesia sepanjang Maret 2022.

Bahkan sejak sirkuit Mandalika diresmikan dan digunakan untuk event World Superbike (WSBK) tahun 2021 lalu, AirNav telah mempersiapkan sejumlah peningkatan layanan bidang navigasi penerbangan di ruang udara Lombok.

"Di antaranya pembuatan prosedur helikopter dari dan ke Sirkuit Mandalika, pemasangan ILS di Runway Bandara Lombok, penerapan Performance-Based Navigation (PBN), dan pengaturan slot time penerbangan yang fleksibel untuk sejumlah extra flight dari dan ke Bandara Lombok," ungkapnya. 

AirNav berkomitmen memastikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan operasional penerbangan di ruang udara Indonesia, termasuk dan khususnya di ruang udara Lombok selama penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022. 

"Kami bangga dapat berpartisipasi dalam mendukung rangkaian kegiatan ini. Semua sudah siap,” tutup Polana. (omy)