Pengunjung Lokasi Wisata Pantai Balongan Indah Indramayu Mencium Bau Tak Sedap Ceceran Minyak

  • Oleh : Taryani

Jum'at, 18/Mar/2022 09:56 WIB
Pengunjung lokasi wisata pantai Balongan Indah. (Taryani) Pengunjung lokasi wisata pantai Balongan Indah. (Taryani)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) – Pengunjung lokasi wisata pantai Balongan Indah di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat  juga warga sekitar dalam beberapa hari terakhir ini mencium bau tak sedap diduga ceceran bahan bakar minyak (BBM) di sekitar wilayah perairan Kecamatan Balongan.

“Baunya cukup menyengat hidung dan tercium tidak enak,” ujar Edi, 39 salah seorang pengunjung di lokasi wisata pantai Balongan Indah kepada BeritaTrans.com, Kamis (17/3/2022) sore.

Salah seorang warga sekitar juga mencium bau tak sedap seperti bau lumpur sejak Senin (14/3/2022) hingga Kamis (17/3/2022). Bau tak sedap itu merebak di sekitar perairan lokasi wisata pantai Balongan Indah.

Oleh karena itu baik pengunjung lokasi wisata pantai Balongan Indah  maupun warga sekitar minta  agar Pertamina menyelidiki sebab-sebab munculnya bau tak sedap di perairan wilayah Kecamatan Balongan itu. Mereka juga berharap agar segera dilakukan penanganan  intensif.

Terkait munculnya bau tak sedap di perairan lokasi wisata  pantai Balongan Indah, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat mengakui adanya  pencemaran minyak di perairan Pantai Balongan, Indramayu, Jawa Barat disebabkan oleh terjadinya kebocoran pipa.

Section Head Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Fahrougi Andriani Sumampaw, kepada wartawan menjelaskan, Tim Integrated Balongan saat ini sudah berada di lokasi untuk berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu.

Pertamina mengambil sampel minyak di pantai dan sekitar Anjungan Jetty Balongan. Selanjutnya, penanganan dilakukan Tim Bawah Air Pertamina untuk melakukan penutupan pada titik kebocoran pipa.

Tim Pertamina terus fokus menangani rembesan minyak di perairan dan pagi ini sedang dilakukan perbaikan pada titik rembesan pipa. Terima kasih banyak atas support dan dukungan berbagai pihak di Balongan yang telah membantu menangani kejadian ini.

Pertamina juga memastikan pasokan BBM dan LPG di wilayah Jawa Barat tetap dalam kondisi aman. Kejadian tersebut tidak berdampak pada distribusi BBM dan LPG, khususnya di wilayah Jawa Barat, kata Fahrougi.

Pihaknya juga melakukan pemasangan oil boom untuk melindungi area pantai Balongan Indah. Hal itu dilakukan untuk menjaga ceceran tidak meluas dan ekosistem yang ada di laut tetap terjaga.

Pertamina juga melakukan penyedotan dan menarik permukaan air yang mengandung ceceran minyak.  

Terjadinya kebocoran pipa pada  bagian bawah laut  penyebabnya bukan karena korosi. Pertamina masih melakukan pengecekan untuk dilakukan perbaikan.  (Taryani)