Kapal Angke Jaya 2 Terbakar di Teluk Jakarta, 10 Nelayan Selamat

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 16/Apr/2022 05:10 WIB
TNI Angkatan Laut memastikan sebanyak 10 orang awak kapal penangkap ikan bernama KM. Angke Jaya 2 yang terbakar di perairan Teluk Jakarta (Foto: iStock/Kesu01) TNI Angkatan Laut memastikan sebanyak 10 orang awak kapal penangkap ikan bernama KM. Angke Jaya 2 yang terbakar di perairan Teluk Jakarta (Foto: iStock/Kesu01)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - TNI Angkatan Laut memastikan sebanyak 10 orang awak kapal penangkap ikan bernama KM. Angke Jaya 2 yang terbakar di perairan Teluk Jakarta berhasil selamat usai dievakuasi oleh KRI Teuku Umar-385, Kamis (14/4) lalu. 

Komandan KRI Teuku Umar-385 Letkol Laut (P) Faisal Yanova Tanjung menyampaikan bahwa proses evakuasi 10 orang awak dilakukan saat prajurit KRI Teuku Umar melihat kepulan asap dari kejauhan. Para prajurit lalu melakukan pendekatan dan identifikasi kontak secara visual ke Kapal Angke 2. 

Baca Juga:
Kapal Pengangkut BBM Terbakar di Marunda, Ini Penyebabnya!

Kondisi kapal yang terbakar hebat mengakibatkan KRI Teuku Umar tidak dapat berbuat banyak. Pasalnya, api telah membakar sekitar 80 persen kapal penangkap ikan tersebut. 

"Beruntung 10 awak kapal telah meninggalkan kapal ketika menyadari kebakaran tidak dapat ditanggulangi," kata Faisal dalam keterangan resminya dikutip Jumat (15/4). 

Baca Juga:
Respon Cepat! Pangkalan PLP Tanjung Priok Bantu Pemadaman dan Gelar Oil Boom Terhadap Kapal Terbakar di Sunda Kelapa

Usai diselamatkan, 10 awak kapal yang berstatus nelayan mendapatkan pemeriksaan kesehatan. Setelahnya, mereka dititipkan pada sebuah kapal ikan KM. Blessing 03 yang melintas disekitar lokasi kejadian untuk dibawa menuju Pelabuhan Muara Angke Jakarta. 

Penyebab kebakaran dan perkiraan besarnya kerugian masih dalam penyelidikan pihak berwenang. 

Baca Juga:
Kapal Kargo Samudera Sakti 3 Terbakar di Lampung, 26 Awak Dievakuasi

Di tempat terpisah Pangkoarmada I, Laksda TNI Arsyad Abdullah menyampaikan apresiasi atas upaya pertolongan yang dilakukan oleh jajarannya tersebut.(fh/sumber:cnn)