Dirjen Perkeretaapian Lepas Keberangkatan Perdana Angkutan Motor Gratis

  • Oleh : Naomy

Selasa, 26/Apr/2022 17:38 WIB
Pelepasan angkutan Motis di Stasiun Gudang Pelepasan angkutan Motis di Stasiun Gudang

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri didampingi Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Risal Wasal melepas pemberangkatan pertama Angkutan Motor Gratis (Motis) di Stasiun Jakarta Gudang, Selasa (26/4/2022). 

Kegiatan ini dihadiri jug oleh Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan Direktur Utama PT Kereta Api Logistik beserta jajaran. 

Baca Juga:
LRT Jakarta Fase 1B Bakal Terhubung Stasiun Sentral Maggarai Kuartal Ketiga 2026

Program Motis kembali dilaksanakan tahun ini oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan guna mengakomodasi antusiasme masyarakat dalam melaksanakan mudik lebaran setelah dua tahun tidak melaksanakan mudik. 

"Di samping itu, program ini kembali dilaksanakan untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pemudik, khususnya bagi para pengguna kendaraan roda dua," ucap Zulfikri.

Baca Juga:
DJKA Tawarkan Pengembangan KA Perkotaan Bandung Hingga IKN pada Investor

Sejak pertama kali diselenggarakan, program Motis mencatat pertumbuhan tren pelayanan yang cukup baik. 

“Pada penyelenggaraan terakhir di tahun 2019, program ini berhasil mengangkut 19.141 motor untuk tiga lintas pelayanan, naik drastis dari angka 827 motor yang terangkut pada awal penyelenggaraan di tahun 2013,” jelasnya.

Baca Juga:
Program Motis 2024 Resmi Ditutup, DJKA Berhasil Angkut 12.733 Motor Pemudik

Lebih lanjut, Zulfikri menyampaikan bahwa tahun ini DJKA telah menyiapkan 9.280 kuota angkutan Motis. 

“Per Senin (25/4), pendaftar program Motis sudah mencapai 2.524 peserta dan masih tersedia 6.756 kuota yang masih dapat dipesan,” urainya. 

Dalam hal ini, Zulfikri mengajak masyarakat untuk dapat memanfaatkan kuota yang masih tersedia dan tidak memaksakan diri menggunakan kendaraan roda dua untuk perjalanan jarak jauh.

Dia menambahkan, tahun ini program Motis akan melayani lintas Utara dan lintas Selatan dengan 11 stasiun pelayanan yaitu Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, dan Stasiun Semarang Tawang.

Dengan ketersediaan kuota Motis yang masih banyak, Zulfikri mengajak masyarakat agar segera mendaftarkan diri untuk melaksanakan mudik lebih cepat dengan memanfaatkan angkutan ini.

“Terlebih terdapat 13.800 tempat duduk yang sudah disediakan khusus untuk peserta angkutan Motis dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang sudah kehabisan tiket reguler,” tambahnya. 

Adapun kuota kursi yang tersedia bagi peserta Motis mencakup kereta api relasi Pasar Senen - Semarang Tawang (pp), dan Pasar Senen - Purwosari (pp).

Di akhir sambutannya, Zulfikri menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan angkutan Motis. 

“Bagi para penumpang dan peserta Motis, kami sampaikan selamat jalan dan semoga selamat sampai tujuan,” pungkasnya. (omy)