600 Personel Gabungan Disiapkan untuk Pengamanan Malam Takbiran di Kota Bekasi

  • Oleh : Bondan

Minggu, 01/Mei/2022 22:36 WIB
Polres Metro Bekasi Kota dan 3 Pilar Kota Bekasi Gelar Apel Pengamanan Malam Takbiran dan Perayaaan Idul Fitri 1443 Hijriah bertempat  di Halaman Polres Metro Bekasi Kota jalan Pangeran Jayakarta, Medan Satria, Kota Bekasi, Minggu (1/5/2022). Foto:ist. Polres Metro Bekasi Kota dan 3 Pilar Kota Bekasi Gelar Apel Pengamanan Malam Takbiran dan Perayaaan Idul Fitri 1443 Hijriah bertempat di Halaman Polres Metro Bekasi Kota jalan Pangeran Jayakarta, Medan Satria, Kota Bekasi, Minggu (1/5/2022). Foto:ist.

BEKASI (BeritaTrans.com) -- Polres Metro Bekasi Kota dan 3 Pilar Kota Bekasi Gelar Apel Pengamanan Malam Takbiran dan Perayaaan Idul Fitri 1443 Hijriah bertempat  di Halaman Polres Metro Bekasi Kota jalan Pangeran Jayakarta, Medan Satria, Kota Bekasi, Minggu (1/5/2022). 

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Hengki, bersama  Plt Wali Kota Tri Adhianto dan Dandim Letkol Lulul Setyanto menjadi pemimpin  Apel dengan komandan Apel  Wakapolsek Bekasi Utara AKP Parwoto. 

Baca Juga:
Jumat Curhat, Dir Tahti Polda Metro Jaya Bersama Kapolrestro Bekasi Kota Sambangi Warga Jatiluhur

Turut hadir dalam Apel, Waka Polres AKBP Rama Samtama Putra, Para PJU Polres Metro Bekasi Kota, Kadishub, KasatPol PP, Subkogar, dengan peserta Apel diantaranya Anggota Polres Metro Bekasi Kota, Anggota  Kodim 0507/ Bekasi,  Anggota Satpol PP Kota Bekasi,  Anggota Damkar Kota Bekasi,  Anggota Dishub Kota Belasi, Pokdarkamtibmas dan Pramuka Saka Bhayangkara. 

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Hengki, kepada media dalam keterangannya mengatakan ada 600 personel gabungan yang ditambah untuk pengamanan di malam takbiran. 

Baca Juga:
Bulan Bakti Polri Presisi HUT ke-77 Bhayangkara, Polres Metro Bekasi Kota Salurkan 2.549 Paket Sembako Bagi Masyarakat

"Artinya dari H-7 kita menerjunkan 891 personel, baik itu di posyan dan pospam, ditambah lagi hari ini 600 orang yang melaksanakan selain pospam dan posyan, untuk pengamanan malam takbiran termasuk di polsek jajaran," ucap Hengki. 

Penambahan personel tersebut, kata Hengki, sebagai upaya mencegah gangguan ketertiban di masyarakat. Hengki berharap bisa mewujudkan rasa aman kepada masyarakat di malam takbir dan Idul Fitri. 

Baca Juga:
Satresnarkoba Polrestro Bekasi Kota Giat Sosialisasi P4GN di CFD

"Semua untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas, terutama jangan sampai ada tawuran balap liar atau kejahatan lainnya, semuanya untuk mewujudkan kehadiran rasa aman bagi masyarakat yang melaksanakan malam takbir dan salat Idul Fitri," tuturnya. 

Sementara, Plt Wali Kota Tri Adhianto  mengatakan jelang malam perayaan Idul Fitri 1443 H, Pemkot Bekasi mengimbau masyarakat untuk mengoptimalkan malam takbir di masjid dan musala. Pemkot Bekasi mengimbau masyarakat tidak melakukan pawai ke jalan di malam takbiran. 

"Kita mengimbau kepada warga masyarakat Muslim yang ada untuk mengoptimalisasikan fasilitas yang ada baik di masjid dan musala, dan ini sudah kita lakukan pertemuan rapat bersama tokoh-tokoh di mana di dalamnya ada ketua MUI, bersama ormas Islam yang ada di Kota Bekasi ada NU, Muhammadiyah, Persis, DMI dan ini semua kita bersepakat lebih banyak syiarnya kita lakukan di rumah-rumah ibadah yang ada," ucap Plt Walikota Bekasi Tri Adhianto 

Para pemangku kepentingan di Kota Bekasi berupaya mengarahkan warga melakukan takbiran di lokasi yang tepat. Aparat pun akan humanis menghadapi warga yang tetap menggelar pawai. 

"Ya tentunya kan kita lakukan apel ini sampai tingkat kecamatan ada camat ada lurah dan danramil, kita upayakan kita imbau kembalikan arak-arakan itu ada pada posisinya masing-masing, sehingga mereka tidak ada lagi di jalan karena tidak ada tindakan yang harus kita lakukan secara represif tapi lebih kepada humanis karena ini adalah operasi kemanusiaan," ujarnya. (Dan)