Diresmikan Menhub, Rumah Sakit PIP Makassar Siap Dioperasikan

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 27/Mei/2022 21:21 WIB
Peresmian RSU PIP Makassar Peresmian RSU PIP Makassar


MAKASSAR (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan kini memiliki Rumah Sakit (RS) Tipe D di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, yang diresmikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jumat (27/5/2022).

Menurutnya, kehadiran RS ini merupakan bagian dari peningkatan fasilitas kesehatan yang dilakukan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), dari yang sebelumnya Poliklinik Utama menjadi RS Tipe D," katanya.

Baca Juga:
Praktek Kerja Lapangan, Taruna STIP Kunjungi JICT Lihat Langsung Operasional Bongkar Muat

Menhub mengatakan, pembangunan RS ini merupakan salah satu bentuk inovasi yang dilakukan oleh salah satu Badan Layanan Umum (BLU) yang ada di lingkungan Kemenhub, yang dituntut lebih kreatif dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih berkualitas kepada masyarakat. 

“Saya mengapresiasi kolaborasi yang baik antara Kemenhub dengan Pemerintah Kota Makassar dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ucap Menhub.

Baca Juga:
Bahas Optimalisasi Pemanfaatan Aset dan Kampus Berstandar Global, BPSDMP Gelar Rakornis

Dia berharap, RS itu tidak hanya melayani para taruna/taruni, namun juga dapat melayani masyarakat umum di kota Makassar dan sekitarnya. 

“Saya berharap ini menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lainnya di Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga:
Sandiaga Lantik 6 Pejabat Tinggi Madya di Lingkungan Kemenparekraf

Pada kesempatan yang sama, Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyambut baik dibangunnya fasilitas kesehatan RS PIP Makassar. 

Dia berharap, kehadiran RS PIP Makassar ini dapat menjadi bagian dari ketahanan kesehatan bagi masyarakat kota Makassar, terlebih di tengah pandemi Covid-19.

RSU tipe D PIP Makassar ini menyediakan 13 layanan kesehatan yang terdiri dari Pengujian Kesehatan Pelaut (Medical Check Up); Pemeriksaan Kesehatan Peserta Diklat; Pemeriksaan Kesehatan Tht-Mata Bagi Pelaut; Instalasi Gawat Darurat (IGD); Intensive Care Unit (ICU); Neonatal Intensive Care Unit (Nicu); Rawat Jalan; Rawat Inap; Persalinan; Pelayanan Farmasi; Laboratorium; Radiologi, dan dilengkapi fasilitas Kamar Bedah.

Saat ini memiliki 62 Tenaga Medis yang terdiri dari enam Dokter Spesialis; 11 Dokter Umum; dua Dokter Gigi; 28 tenaga Perawat; tiga tenaga Bidan, dan 12 tenaga medis pendukung lainnya.

Seperti diketahui, BPSDMP saat ini memiliki 23 pusat layanan kesehatan yang terdiri dari enam Klinik Utama dan 16 klinik pratama serta satu pusat layanan kesehatan.

Usai meresmikan RS PIP Makassar, Menhub juga sempat berdiskusi dengan Taruna/Taruni PIP Makassar dan memberikan bantuan pendidikan bagi Taruna/Taruni berprestasi. 

Dia meminta para taruna memiliki semangat juang, manfaatkan waktu dengan sungguh-sungguh, dan melakukan hal yang luar biasa agar menjadi lulusan yang berkualitas.

"Pembentukan SDM yang berkualitas menjadi perhatian pemerintah, untuk itu, ia meminta kepada jajarannya agar penyelenggaraan sekolah transportasi tidak boleh dilakukan seadanya," ungkap dia. 

Semua harus all out membentuk dan membina SDM, karena dari sini Indonesia memiliki daya saing dengan dunia luar. 

Turut hadir pada acara peresmian RS PIP Makassar Kepala BPSDMP Djoko Sasono, Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri, para pejabat pemerintahan Kota Makassar; Direksi BUMN dan BUMD di Kota Makassar. (omy)