Regional Marpolex 2022 Ditutup, Pemerintah Indonesia Apresiasi Filipina dan Jepang

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 28/Mei/2022 08:49 WIB
Penutupan Regional Marpolex Penutupan Regional Marpolex

MAKASSAR (BeritaTrans.com) - Gelaran Latihan Bersama Penanggulangan Tumpahan Minyak di Laut atau dikenal dengan Regional Marpolex 2022, yang dilaksanakan bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Phillippine Coast Guard (PCG) dan Japan Coast Guard (JCG) telah sukses dilaksanakan dan ditutup secara resmi oleh Walikota Makassar, Danny Pomanto, Jumat  (27/5/2022).

Baca Juga:
Kemenhub Gelar Workshop Penanganan Muatan Barang Berbahaya dan Curah Padat

Pada kesempatan tersebut, Indonesia cq. Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengapresiasi Filipina dan Jepang yang telah bekerjasama, berkolaborasi dengan baik selama kegiatan Marpolex. 

Apresiasi juga ditujukan bagi para stakeholder yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga:
Gandeng Polairud, Kemenhub Tingkatkan Keterampilan Menembak Awak Kapal Negara

Danny menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang turut serta memastikan suksesnya penyelenggaraan acara tersebut.

“Saya yakin kegiatan ini telah memberikan kita kesempatan untuk dapat saling berbagi pandangan, pengetahuan, serta pengalaman terbaik untuk meningkatkan metode dan response kita dalam menanggulangi musibah tumpahan minyak, sekaligus dapat meningkatkan kerjasama dan komitmen ketiga negara dalam perlindungan lingkungan maritim,” ujar Danny.

Baca Juga:
Kemenhub Konsen Tingkatkan Pengawasan dan Penataan Kabel Bawah Laut

Dia mengajak seluruh delegasi untuk menikmati waktunya di Kota Makassar dengan berkunjung ke destinasi wisata dan juga kuliner kota Makassar, sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Sementara itu, penutupan Regional Marpolex 2022 juga ditandai dengan penurunan bendera ketiga negara peserta dan deklarasi penutupan yang disampaikan oleh Exercise Co-Director dari Indonesia, Filipina, dan Jepang.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Capt. Weku Karuntu, selaku Exercise Co-Director Indonesia mengungkapkan, berdasarkan rapat evaluasi yang dilaksanakan oleh ketiga negara peserta pada Kamis sore (26/5/2022), Regional Marpolex 2022 ini dinilai telah dilaksanakan dengan baik dan sukses.

Secara umum kata dia, semua giat operasi yang  dilaksanakan pada latihan kemarin, baik itu operasi Security and Surveillance, SAR, Fire Fighting, Oil Spill Recovery, serta pembersihan pantai dinyatakan telah dilaksanakan dengan baik.

“Memang ada beberapa catatan untuk perbaikan ke depan seperti posisi kapal pada saat operasi pemadaman atau peningkatan peralatan oil spill recovery, namun secara umum latihan dianggap telah dilaksanakan dengan baik dan lancar,” tuturnya.

Senada dengan Capt. Weku, Kasubdit Penanggulangan Musibah dan Pekerjaan Bawah Air, Een Nuraini Saidah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sukseskan gelaran Regional Marpolex 2022.

Menurut Een, kelancaran penyelenggaraan Latihan Bersama ini merupakan wujud kepedulian, komitmen, dan tanggung jawab semua unsur yang terlibat terhadap perlindungan lingkungan maritim, khususnya terkait pencemaran minyak di laut. (omy)