Polrestro Bekasi Kota Gelar Apel Gabungan Operasi Patuh Jaya 2022, Wakapolres: 100 Personel Diterjunkan

  • Oleh : Bondan

Senin, 13/Jun/2022 10:52 WIB
Apel gabungan Operasi Patuh Jaya 2022 di Mapolres Metro Bekasi Kota, Senin (13/6/2022). Foto: ist. Apel gabungan Operasi Patuh Jaya 2022 di Mapolres Metro Bekasi Kota, Senin (13/6/2022). Foto: ist.

BEKASI (BeritaTrans.com) -- Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. Mulai hari ini, Polres Metro Bekasi Kota melaksanakan Operasi Patuh Jaya 2022. 

Operasi Patuh Jaya 2022 akan berlangsung selama 14 hari dari 13 juni 2022 sampai 26 Juni 2022. 

Baca Juga:
`Police Go To School` Satlantas Polrestro Bekasi Kota Sosialisasi Tertib Lalulintas ke Siswa SMA Yadika 8

Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Rama Samtama Putra, resmi membuka Operasi Patuh Jaya 2022 di wilayah Kota Bekasi, dengan menjadi Inspektur Apel gabungan 3 Pilar dengan komandan upacara AKP M. Sahari dengan dihadiri para PJU Polres Metro Bekasi Kota bertempat  di Halaman  Mapolres Metro Bekasi Kota, jalan Pangeran Jayakarta, Medan Satria, Kota Bekasi, Senin (13/6/2022). 

Sebanyak 187 peserta Apel gabungan yang hadir, Satuan Lalu Lintas Polres Metro Bekasi Kota, Anggota Fungsi Polres Metro Bekasi Kota, Kodim 0507/ Kota Bekasi, Subdenpom Kota Bekasi, Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Satpol PP Kota Bekasi, Dishub Kota Bekasi, Anggota Bintara Remaja (Baja), 

Baca Juga:
Viral Gegara Parkir Mobil Ngaku Polisi, Ternyata Pensiunan Pegawai Bank

"Hari ini Polres Metro Bekasi Kota di Polda melaksanakan operasi patuh Jaya 2002 yang akan berlangsung 14 hari kedepan mulai dari hari ini tanggal 13 sampai dengan tanggal 26 juni 2022," kata Waka Polres Metro Metro Bekasi Kota AKBP Rama Samtama Putra, kepada awak Media. 

Rama katakan, sasaran dari pada operasi patuh Jaya 2002 ini adalah terkait dengan pelanggaran lalu lintas seperti kita ketahui angka kecelakaan lalu lintas lebih banyak dominan disebabkan oleh faktor human error atau kesalahan manusia pengendara. 

Baca Juga:
Polrestro Bekasi Kota Patroli Sekala Besar Dalam Antisipasi Guantibmas

"Maka sasaran operasi patuh kali ini lebih ditekankan kepada pelanggaran lalu lintas seperti melawan arus, balap liar, menggunakan HP saat berkendaraan, bonceng tiga tidak gunakan helm SNI, tidak gunakan safety belt dan ada sasaran khusus yaitu plat nomor khusus yang di gukakan serta knalpot bising dan juga mobil-mobil yang menggunakan stroobo ataupun sirene yang ilegal yang tidak sesuai diperuntukkan," ucapnya.

Wakapolrestro Bekasi Kota, AKBP Rama Samtama Putra menyematkan pita ke personel Operasi Patuh Jaya 2022. Foto: ist.

Dia terangkan, Polres Metro Bekasi Kota dengan instansi terkait dibantu dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, dari TNI, tadi yang sudah disematkan pitanya akan melakukan kegiatan operasi patuh Jaya dengan total sekitar 100 personel yang akan melakukan kegiatan operasi dari kegiatan ini CB-nya adalah operasi dilakukan secara preemtif, preventif dan represif dan Represif penegakan hukum ini tentu akan dilakukan dengan tilang karena di Kota Bekasi ini belum ada ETLE. Penilangan dilakukan dengan manual. 

Menurutnya, untuk titik- titik operasi  dilaksanakan di jalan - jalan protokol  seperti Jalan Ahmad Yani, itu adalah kawasan tertib lalu lintas. 

"Kemudian titik - titik lain  diduga banyak terjadi pelanggaran lalu lintas dan berdasarkan Anev, banyak terjadi angka kecelakaan lalu lintas di sana itu yang menjadi sasaran kita," pungkasnya. (Dan)