Yuk! Intip Kegiatan Pramugara Bus Rosalia Indah Naik Turun Bagasi Pakai Seragam

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 24/Jun/2022 06:06 WIB


BEKASI (BeritaTrans.com) - Berbeda dari pada bus umumnya, PO Rosalia Indah memiliki kru bus lelaki yang tidak disebut kenek. Tugasnya memberikan keramahan layanan kepada penumpang di perjalanan. 

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id bus dengan kelas Super Top atau Double Decker terdapat sopir dan kru lain yang disebut Pramugara. Tampak mengenakan seragam rompi khas, penampilannya tampak rapi. 

Baca Juga:
Pramugari Wulan Temani Penumpang Perjalanan Jauh hingga Berjam-jam, Hanya Istirahat di Kursi Bus

Saat bus baru tiba di pool Bulak Kapal, Bekasi, Kamis (23/6/2022) seorang laki-laki muda keluar dari bus dengan membawa secarik kertas yang merupakan laporan jumlah penumpang saat itu. 

Baca Juga:
Mbah Trimo Jos Sopiri Bus Jakarta-Klaten, Masih Fit Meski Usia 60 Tahun

Tugasnya terbilang cukup sibuk. Pramugara juga akan menaikan barang penumpang di bagasi yang terletak cukup tinggi, karena bus tersebut tipe double decker. Dia terlihat lihai memanjat bagasi dan masuk untuk menyusun barang-barang bawaan atau sekedar paket yang akan dibawa. 

Diberitakan sebelumnya, tugas Pramugara yaitu akan menemani perjalanan serta memberikan pelayanan kepada penumpang bus hingga sampai tujuan akhir. Tugas-tugasnya berbeda dari kru yang biasa disebut kenek. 

Baca Juga:
Mantap! Begini Kesibukan Kru Bus Tispa saat Perpal di Terminal Bekasi

Tugasnya termasuk untuk memastikan penumpang duduk di kursi sesuai tiket yang sudah dipesan. Mengantarkan penumpang ke kursi, memberikan snack atau makanan ringan juga menyediakan berbagai fasilitas bus seperti selimut atau bantal. 

Saat bus hendak berangkat, pramugara juga akan memastikan bus tersebut aman terhadap kendaraan lain. Pramugara akan menyetop laju kendaraan lain dan akan segera meninggalkan pool untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan. 

Pramugara tidak ditugaskan untuk mencuci bus dan juga tidak dibekali dengan tugas seperti bongkar pasang ban dan pengetahuan bus lain. Tugasnya hanya sebagai pemberi layanan atau servis terbaik bagi armada dengan kelas terbaik di Rosalia Indah. 

Bus Rosalia Indah dengan kelas Super Top dan Double Decker memiliki pelayanan berbeda penumpangnya dari pada bus Rosalia Indah dengan kelas yang lain. Perjalanan bus akan dilayani kru bus dengan sebutan Pramugara atau Pramugari.(fhm)