Kabin Penuh Asap, Pesawat SpiceJet India Mendarat Darurat

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 03/Jul/2022 05:59 WIB
Kabin Penuh Asap Usai Lepas Landas, Pesawat SpiceJet India Mendarat Darurat. Kabin Penuh Asap Usai Lepas Landas, Pesawat SpiceJet India Mendarat Darurat.

NEW DELHI (BeritaTrans.com) - Pesawat SpiceJet India kembali mendarat darurat di New Delhi setelah kabinnya penuh asap usai lepas landas. Pesawat sedang dalam penerbangan domestik menuju pusat kota Jabalpur pada Sabtu (2/7/2022). 

Para penumpang dievakuasi dengan selamat begitu pesawat kembali ke New Delhi di bandara keberangkatan, demikian laporan dari AFP. 

Baca Juga:
Begini Pesan Terakhir Pilot Citilink yang Meninggal Setelah Mendarat Darurat `Bapak yang Gak Kuat`

"Saat melewati 5.000 kaki, kru melihat asap di kabin," kata maskapai itu di Twitter. 

Sebuah video yang menunjukkan kabin dipenuhi asap langsung viral di media sosial setelah insiden itu. 

Baca Juga:
Balita Terlempar Saat Helikopter Mendarat Darurat di Papua Ditemukan Tewas

SpiceJet India menjadi perbincangan dalam beberapa bulan terakhir. Penerbangan lainnya bulan lalu juga mendarat darurat setelah mesin kirinya terbakar, dan otoritas penerbangan menindak perusahaan karena praktik pelatihan yang salah. 

Pihak maskapai tidak mengungkapkan berapa banyak penumpang yang ada dalam penerbangan yang mendarat darurat pada Sabtu (2/7/2022), hanya mengatakan bahwa pesawat mendarat dengan selamat dan bahwa penerbangan alternatif segera diatur untuk para penumpang. 

Baca Juga:
Pesawat Kargo DHL Terbelah Usai Mendarat Darurat dan Tergelincir di Bandara Kosta Rika

Pada Juni, pesawat SpiceJet tujuan New Delhi dengan 185 penumpang melakukan pendaratan darurat di kota Patna, India timur, karena salah satu mesinnya terbakar. 

Sebelumnya lagi pada Mei, ratusan penumpangnya telantar di dalam pesawat setelah maskapai berbiaya murah itu membatalkan atau menunda penerbangan karena ada serangan ransomware. 

Pada bulan yang sama, otoritas penerbangan India menjatuhkan denda satu juta rupee (sekitar Rp 189,56 juta) kepada SpiceJet karena melatih pilot Boeing 737 MAX-nya pada simulator yang rusak. 

Otoritas India melarang 90 pilot SpiceJet mengoperasikan pesawat dengan alasan mereka tidak terlatih dengan baik, menurut laporan media setempat.(fhm)