Tewas Terbentur Crane, ABK Kapal Panama Dievakuasi ke Banda Aceh

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 15/Jul/2022 13:15 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

BANDA ACEH (BeritaTrans.com) - Seorang anak buah kapal (ABK) MV Lowlands Comfort berbendera Panama tewas terbentur crane saat berlayar menuju China. Jenazah ABK bernama Crispin F. Cadiz itu dievakuasi ke Banda Aceh oleh tim SAR gabungan. 

Kepala Basarnas Banda Aceh Ibnu Harris Al Hussain, mengatakan, kejadian itu bermula saat kapal kargo Lowlands sedang beralayar dari Suez, Mesir menuju China. Dalam pelayaran, korban terbentur crane dan meninggal dunia di Perairan Samudera Hindia. 

Baca Juga:
Terusan Panama Alami Kekeringan Parah, Akses Kapal Dibatasi Setahun

"Korban harus dievakuasi ke darat untuk selanjutnya dibawa pulang ke negara asalnya di Filipina," kata Harris kepada wartawan, Kamis (14/7/2022). 

Dia mengatakan, evakuasi dilakukan setelah tim SAR mendapat laporan dari pihak kapal yang meminta bantuan evakuasi. Lokasi evakuasi disepakati di Perairan Selat Benggala, Aceh Besar. 

Baca Juga:
Tim SAR Gabungan Evakuasi Kapal Mati Mesin di Lembata

Menurut Harris, tim SAR gabungan bergerak ke lokasi evakuasi sekitar pukul 10.00 WIB pagi tadi dengan KN SAR Kresna 232. Proses menuju ke lokasi membutuhkan waktu sekitar 30 menit. 

Begitu tiba, jenazah Crispin dibawa turun ke kapal SAR. Dia mengatakan, tim SAR selesai melakukan evakuasi dan tiba di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh sekitar pukul 12.30 WIB. 

Baca Juga:
Hilang Kontak 5 Hari di Laut Aru Maluku, Kapal Kargo Bersama Kru Ditemukan Selamat

"Jenazah dibawa ke RSUZA dengan ambulans sebelum dipulangkan," jelas Harris.(fh/sumber:kompas)