Presiden: Selamat Tahun Baru Islam, Semoga Kita Mampu Hijrah ke Arah Kemajuan

  • Oleh : Dirham

Sabtu, 30/Jul/2022 15:22 WIB
Presiden Joko Widodo. Presiden Joko Widodo.

JAKARTA(BeritaTrans.com) - Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah. Hal itu disampaikan dalam unggahan di akun Twitter resminya @jokowi pada Sabtu (30/1/2202). 

"Kita memasuki tahun baru Islam, 1 Muharram 1444 Hijriyah, dengan segenap ikhtiar, harapan, dan doa, agar kita semua diberi-Nya keberkahan umur, rezeki, dan kesehatan," demikian tulis Jokowi. 

Baca Juga:
Bakamla RI Peringati Tahun Baru Islam 1444 H

"Semoga bangsa ini beroleh kekuatan dan kemampuan untuk berhijrah ke arah kemajuan. Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah," lanjutnya. 

Sebagaimana diketahui, peringatan 1 Muharram 1444 Hijriah jatuh pada 30 Juli 2022 atau hari ini. Hal ini sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri. 

Baca Juga:
Rayakan Tahun Baru Islam, Diskominfostandi Ikuti Pawai Muharram Pemkot Bekasi

Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengharapkan muslim di Indonesia dapat memaknai tahun baru Islam ini sebagai momentum untuk berhijrah ke arah yang lebih baik lagi, baik sebagai pribadi, kelompok, maupun bangsa. 

“Karena hijrah tidak hanya diartikan sebagai pindah dari satu tempat ke tempat yang lain, melainkan hijrah adalah melakukan perubahan secara menyeluruh dari keadaan yang kurang baik menjadi baik dan bahkan menjadi lebih baik lagi,” ucap Ma'ruf, dilansir dari siaran persnya pada Sabtu.

Baca Juga:
Tahun Baru Islam, Presiden Jokowi: Semoga Indonesia Dijauhkan dari Wabah dan Marabahaya

Ma'ruf juga menegaskan agar di tahun baru Islam ini keutuhan bangsa Indonesa semakin diperkuat, baik melalui persaudaraan sesama muslim, sebangsa setanah air, maupun antarmanusia. 

“Kita harus mampu untuk lebih memperkuat keutuhan dan kesatuan bangsa sebagai modal utama kelanjutan pembangunan nasional melalui penguatan ukhuwah Islamiah, ukhuwah wathaniah, dan ukhuwah insaniyah,” tegasnya. 

Ma'ruf pun mengimbau agar seluruh muslim di Tanah Air terus memanjatkan doa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala (SWT), seraya memohon keselamatan bangsa.

“Agar kita bangsa Indonesia dapat mengatasi berbagai tantangan, baik menyangkut pandemi Covid-19 beserta seluruh dampaknya, krisis energi dan pangan, serta tantangan lainnya, sehingga kita bisa menjadi bangsa yang lebih kuat dan maju,” jelasnya. (ds/sumber Kompas.com)