Harga Tiket Pesawat Melambung, Penumpang Beralih Gunakan Bus

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 11/Agu/2022 12:42 WIB
Suasana di Terminal Bekasi mulai diramaikan penumpang bus yang akan berangkat ke sejumlah daerah. Suasana di Terminal Bekasi mulai diramaikan penumpang bus yang akan berangkat ke sejumlah daerah.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Akibat harga tiket pesawat melambung, aktivitas bus malam antar kota diserbu penumpang yang ingin melakukan perjalanan jauh. 

Meningkatnya penumpang ini tentunya menguntungkan para agen Tiket Bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP).

Baca Juga:
Begini Serunya Naik Bus dari Terminal Bekasi

Menurut salah satu pemilik agen bus di wilayah Bulak Kapal Bekasi Timur Wahyu Ramadhany (25), dengan adanya kenaikan harga tiket pesawat membuat beberapa penumpang yang mulai beralih menggunakan bus AKAP.

"Kalau kenaikan secara signifikan penumpang beralih dari pesawat ke bus belum banyak, tapi sudah ada beberapa yang beli tiket disini milih naik bus karena ngeluh tiket pesawat makin mahal," ungkap Wahyu Ramadhany, Kamis.

Baca Juga:
Bus Primajasa Setia Menanti Penumpang di Terminal Bekasi

Wahyu mengungkapkan konsumen bus AKAP saat ini sudah mulai berbeda dibandingkan dahulu, hal tersebut terlihat dari pakaian dan barang yang mereka bawa saat berpergian.

"Sekarang penumpang udah semakin rapih mas, udah kaya penumpang pengen naik pesawat bajunya bermerek, rapih terus pada pake koper - koper bagus, udah bukan tas lagi," ucapnya.

Baca Juga:
Belasan Bus Geber Terminal Bekasi, Penumpang?

Wahyu juga menjelaskan salah satu faktor yang menyebabkan konsumen beralih dari pesawat ke bus AKAP, selain dari harga tiket yaitu dari fasilitas yang di dapat penumpang.

"Ya beragam sih kalo selain harga bisa dibilang dari fasilitas, penumpang bus kan dapat makan sama jajanan. Terus dapat bantal selimut, terus sekarang kursinya juga bisa di selonjorin dan ada yang fasilitas teh kopi juga," jelasnya.

Tidak hanya dari segi harga tiket dan fasilitas, beralihnya penumpang dari pesawat ke bus AKAP juga disebabkan oleh berkembangnya jenis bus beberapa tahun belakangan.

"Belakangan bus AKAP juga semakin bagus, udah semakin keren. Ada yang double decker, ada yang super executive. Terus president class, sama yang terbaru sleeper class jadi orang juga nyaman," tuturnya.

Para penumpang yang berangkat dari agen milik Wahyu Ramadhany di Bulak Kapal Bekasi Timur, rata - rata didominasi tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Rata - rata sewa yang rame itu wilayah Jawa Tengah kaya Solo, Purwodadi, Jogja. Terus tujuan Jawa Timur seperti ke Surabaya sama Madura, itu rame banget sewa ke arah situ," terangnya.

Selain itu Wahyu juga mengungkapkan, pendapatan penjualan tiket bus AKAP selepas dilonggarkannya PPKM mengalami kenaikan yang sangat baik.

"Kalo waktu kemarin PPKM pendapatan kita agen hanya 35 persen kalo sekarang sekarang sudah hampir 90 persen, jadi lebih mendekati ke normal," ungkapnya.

Sebagai pengusaha penjualan tiket bus AKAP, Wahyu Ramadhany berharap tidak ada lagi pembatasan perjalanan dan masyarakat dapat berpergian dengan nyaman dan tenang. (fhm)