5 Terminal Bus AKAP di Jakarta Lengkap dengan Rute Tujuan

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 13/Sep/2022 08:02 WIB
Terminal Pulo Gebang. (Ist) Terminal Pulo Gebang. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Deretan terminal bus AKAP di Jakarta ini tentu awam di telinga Anda. Pasalnya, Bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) menjadi salah satu moda transportasi paling favorit hingga kini.

Bus AKAP memiliki rute perjalanan antarprovinsi, baik itu untuk Pulau Jawa hingga luar Pulau Jawa. Dari tahun ke tahun, bus ini mengalami perkembangan armada, termasuk jenis dan tipe bus yang digunakan untuk memanjakan penumpang.

Baca Juga:
Terminal Kepuhsari Jombang Hanya Berangkatkan Sedikit Bus saat Libur Panjang

Selain perbaikan armada, banyak prusahaan bus AKAP yang juga berusaha meningkatkan layanan mereka, salah satunya dengan memperbaiki sistem ticketing baik itu sistem online maupun offline dengan mendatangi loket PPOB.

Di Jakarta, setidaknya ada lima terminal bus AKAP yang cukup populer di kalangan masyarakat. Apa saja?

Baca Juga:
Lika-Liku Perjalanan Bus ALS Bekasi ke Medan, Lalui Lintas Tengah Sumatra Berhari-Hari

1. Terminal Kampung Rambutan

Terminal yang terletak di kawasan Jakarta Timur ini banyak dilewati BUS AKAP yang melayani rute Pulau Jawa dan Sumatera, termasuk Bandung, Cirebon, Tasikmalaya, Garut, Semarang, Brebes, Kebumen, Tegal, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Kediri, Surabaya, Malang, Madiun, Bogor. Sementara untuk rute Sumatera diantaranya Lampung dan Palembang.

Baca Juga:
Sopir Jaklingko dan Pengurus Bus AKAP Cekcok di Terminal Lebak Bulus, Begini Kronologinya

Terminal Kampung Rambutan ini juga diperlengkapi dengan fasilitas lengkap, dari ATM Center, loket tiket, masjid, parkir bus, parkir penjemput, restoran, hingga toilet

2. Terminal Pulo Gebang

Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang yang memiliki konsep modern ini berlokasi di kawasan Jakarta Timur. Terminal ini tergolong dalam terminal bus tipe A yang terbesar se-Asia Tenggara.

Beroperasi selama 24 jam nonstop, terminal ini memiliki 28 lajur keberangkatan bus AKAP dan 7 lajur kedatangan bus AKAP dari kota-kota di Jawa dan Sumatera. Terminal ini juga dilengkapi dengan fasilitas AC, ruang tunggu yang nyaman, fasilitas pengisi daya ponsel, hingga kantin.

Ada juga fasilitas lain, seperti mushola, akses bagi penyandang disabilitas dan ibu hamil atau menyusui, area parkir yang luas, lift dan eskalator untuk penumpang, hingga minimarket.

3. Terminal Lebak Bulus

Terminal Bus Lebak Bulus yang terletak di Jakarta Selatan  ini terbagi atas dua bagian utama, dalam dan luar kota. Di terminal ini, Bus AKAP melayani rute seperti Bandung, Tasikmalaya, Semarang, Cepu, Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan juga beberapa kota di Pulau Sumatera.

4. Terminal Kalideres

Terminal yang lokasinya berdekatan dengan perbatasan Jakarta Barat–Tangerang, Banten ini termasuk tempak singgah bus AKAP populer di Jakarta. Terminal ini melayani berbagai rute ke luar Jakarta, seperti Tegal, Kudus, Kebumen, Cepu, Bojonegoro, Surabaya, Malang, Kediri, Tulungagung, Blitar, Lampung, Palembang, dan sebagainya.

5. Terminal Tanjung Priok

Di dekat Pelabuhan Tanjung Priok, ternyata terdapat Terminal Bus Tanjung Priok yang melayani berbagai rute antarkota antarprovinsi. Sama halnya dengan terminal bus AKAP di Jakarta lainnya, terminal ini melayani untuk rute seperti: Semarang, Cepu, Magelang, Yogyakarta, Solo, Kudus, Rembang, Pati, Bojonegoro, Surabaya.

Demikian lima terminal bus AKAP di Jakarta yang cukup terkenal. (Fh/sumber:okezone)