Rakyat di 4 Wilayah Ukraina yang Dicaplok Putin Jadi Warga Rusia

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 30/Sep/2022 23:42 WIB
Putin resmi caplok 4 wilayah Ukraina. (via REUTERS/SPUTNIK) Putin resmi caplok 4 wilayah Ukraina. (via REUTERS/SPUTNIK)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Presiden Vladimir Putin mengatakan penduduk di empat wilayah Ukraina yang resmi dicaplok akan menjadi warga negara Rusia selamanya.

"Saya ingin mengatakan ini kepada rezim Kyiv dan tuan mereka, Barat, bahwa penduduk di Luhansk, Donetsk, Kherson, dan Zaporizhzhia, menjadi warga negara kami [Rusia] selamanya," kata Putin saat meresmikan wilayah yang baru di caplok di Hall Kremlin, Jumat (30/9), seperti dikutip AFP.

Baca Juga:
NATO: Serangan Rudal di Polandia Bukan Serangan Rusia

Lebih lanjut, Putin menerangkan bahwa masyarakat telah memilih keputusannya melalui referendum pekan lalu.

Dalam pidato kali ini, Putin meresmikan dan menandatangani empat wilayah Ukraina yang dianggap telah menjadi bagian Rusia.

Baca Juga:
Rusia Akui Jenderal Sukhovetsky Telah Tewas dalam Perang di Ukraina

Orang nomor satu di Rusia itu juga menegaskan, pemerintahan Kyiv harus menghargai apa yang menjadi pilihan masyarakat dalam referendum itu. Ia juga menyatakan akan melindungi wilayah barunya dengan cara apapun.

Pada 23-27 September lalu, empat wilayah di Ukraina yakni Donetsk, Luhansk, Kherson, dan Zaporizhzhia, menggelar referendum.

Baca Juga:
Rusia Balas Amerika, Hentikan Penjualan Mesin Roket Luar Angkasa

Menurut lembaga jajak pendapat, mayoritas pemilih di wilayah tersebut ingin bergabung dengan Rusia.

Namun, sejumlah pihak meragukan hasil referendum itu. Beberapa mengatakan pemungutan suara itu ilegal karena tak ada pengawasan internasional.

Referendum itu digelar tak lama usai pasukan Ukraina berhasil memukul mundur pasukan Rusia di sejumlah titik. Pengamat menilai pemungutan suara yang tampak buru-buru itu karena Putin khawatir kalah di medan perang.(fh/sumber:cnn)