Bagikan Sertifikat SKK 60 Mil pada Nelayan, KSOP Tanjung Balai Karimun Harap Pelayaran Zero Accident

  • Oleh : Naomy

Selasa, 11/Okt/2022 06:00 WIB
Kepala KSOP Tanjung Balai Karimun Jon Kenedi dan Kepala Dishub Kaeimun Kepala KSOP Tanjung Balai Karimun Jon Kenedi dan Kepala Dishub Kaeimun

KARIMUN (BeritaTrans.com) - Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Balai Karimun (TBK) Jon Kenedi menyerahkan sertifikat Surat Keterangan Kecakapan (SKK) 60 mil, untuk para peserta pendidikan dan pelatihan (diklat) yang terdiri dari nelayan dan pelaut tradisional yang dilaksanakan pada 21 hingga 22 September 2022.

Penyerahan sertifikat SKK 60 mil tersebut diserahkan kepada pihak penyelenggara yakni pemerintah daerah Kabupaten Karimun melalui Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun di ruang rapat Kantor KSOP Kelas I TBK,  Senin (10/10/2022) Siang.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Gelar Pelatihan Boarding Officer bagi Awak Kapal Patroli

"Dengan telah terbitnya sertifikat SKK yang merupakan surat izin mengemudi kapal, kami berharap di pelayaran wilayah kerja akan aman dan terhindar dari kecelakaan laut," ungkap Jon.

Pihaknya juga berharap di wilayah pelayaran Tanjung Balai Karimun zero accident (nihil kecelakaan), karena para nahkoda yang berlayar tidak lebih dari 60 mil di Karimun telah mendapatkan pendidikan khusus dalam mengoperasikan kapalnya.

Baca Juga:
Posko Angkutan Laut Nataru Resmi Ditutup

Selanjutnya KSOP Tanjung Balai Karimun kata Jon, akan terus melakukan sosialisasi, edukasi, koordinasi, dan konsolidasi terkait Pelayaran Rakyat (Pelra), e-pass kecil, dan ISM Code. 

Baca Juga:
Kampanye Kespel di Jepara, Ditjen Hubla Bagikan 200 Life Jacket

Mewakili Bupati Karimun, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun, Afrian sangat mengapresiasi dukungan KSOP Tanjung Balai Karimun (TBK) kepada pemerintah daerah untuk bersama-sama menjadikan para nelayan dan pelaut tradisional semakin profesional. 

Dalam diklat tersebut, pihak KSOP bertindak sebagai pemateri diklat.

“Kami sangat berterimakasih dan mengapresiasi kerja sama untuk memberikan keselamatan pelayaran kepada nelayan yang ada di Kabupaten Karimun,” tutur Afrian.

Dengan adanya dukungan dari pihak KSOP kelas I TBK, kata dia, pemerintah daerah akan memberikan penghargaan kepada pihak KSOP di hari yang spesial nantinya.

"Kami akan memberikan penghargaan kepada pihak KSOP tepat pada hari ulang tahun ke-23 Kabupaten Karimun 12 Oktober 2022 mendatang,” ujar Afrian memberi bocoran.(omy)