Tol Cisumdawu Dibuka 28 Oktober, Gratis Selama Uji Coba

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 27/Okt/2022 10:20 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

SUMEDANG (BeritaTrans.com) - Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) seksi 2 (Rancakalong-Sumedang kota) hingga seksi 3 (Sumedang kota-Cimalaka) akan mulai dibuka untuk uji coba mulai besok, Jumat, 28 Oktober 2022. 

Diketahui, saat ini akses Tol Cisumdawu yang sudah beroperasi dan telah berbayar meliputi seksi 1 hingga seksi 2, atau dari Gerbang Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung hingga wilayah Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Baca Juga:
Tarif Tol di Aceh saat Arus Mudik Lebaran, Ada 2 Ruas Masih Gratis Loh Gais...!

Kepala Dishub Sumedang Tono Suhartono mengatakan, kepastian dibukanya akses Tol Cisumdawu dari seksi 1 hingga seksi 2 ini berdasarkan hasil kesiapan dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), yaitu Citra Karya Jabar Tol (CKJT).

"Kesiapan itu disampaikan CKJT saat rapat terakhir belum lama ini. Di mana, pihak CKJT siap membuka jalur tol pada 28 Oktober 2022, nanti," ujar Tono kepada wartawan, Selasa (25/10/2022) pagi.

Baca Juga:
Rencana Jalan Tol Baru, Bandung-Yogyakarta Bakal Tersambung

Tono menuturkan, jalur tol yang akan dibuka tersebut meliputi seksi 2 dari wilayah Pamulihan hingga Sumedang, sepanjang 17.51 kilometer.

Kemudian, seksi 3 meliputi wilayah Sumedang kota hingga Cimalaka, sepanjang 3.73 kilometer.

Baca Juga:
Diguncang Gempa, Terowongan Tol Cisumdawu Retak Apakah Masih Aman?

"Nanti, selama uji coba itu, secara fungsional masih digratiskan. Uji coba gratis ini berlaku sampai nanti tol diresmikan. Mudah-mudahan, bulan Desember sudah bisa diresmikan," tutur Tono.

Tono menyebutkan, selama uji coba gratis ini, merupakan bagian dari uji coba laik fungsi, sebelum diresmikan pada Desember mendatang.

"Nanti, kewenangan laik tidaknya diputuskan oleh tim Uji Laik Funsi (ULF) yang terdiri para ahli mulai dari Bina Marga, BJPJT, Korlantas Polda Jabar, dan Balitbang, BPJN," sebut Tono.

Tono menambahkan, jelang uji coba laik ini, diharapkan pembebasan lahan di exit Tol Cimalaka, dapat segera dibebaskan.

"Karena, untuk saat ini masih belum representatif sesuai ketentuan dan bagi masyarakat yang mau keluar masuk lewat Cimalaka, bisa nyaman dan lancar. Tidak terjadi penumpukkan kendaraan di lokasi gerbang Tol Cimalaka," kata Tono.(fh/sumber:kompas)