Gunung Semeru Erupsi, Penerbangan di Bandara Surabaya dan Malang masih Normal

  • Oleh : Naomy

Minggu, 04/Des/2022 14:56 WIB
Suasana di Bandara Juanda (API) Suasana di Bandara Juanda (API)

TANGERANG (BeritaTrans.com) - Pagi ini (4/12/2022) sekitar pukul 02.46 dilaporkan telah terjadi erupsi disertai Awan Panas Guguran (APG) mencapai 1.500 meter di atas puncak.

Kondisi itu menyebabkan sejumlah gempa letusan selama periode 02.46 - 06.00 WIB

Baca Juga:
Bandara Kertajati Layani Angleb Setelah Operasi Penuh, Jumlah Penumpang di Puncak Mudik Tembus 2.386

Menurut Sekretaris Perusahaan Airnav Indonesia Rosedi, telah dikeluarkan peringatan ASHTAM No. VAWR3537 untuk wilayah yang terdampak erupsi yaitu Bandara Internasional Juanda, Surabaya dan Bandara Abdurahman Saleh, Malang. 

"Berdasarkan hasil koordinasi dan pemeriksaan sementara di lokasi tersebut, kondisi personel, bangunan, dan fasilitas navigasi penerbangan dalam kondisi aman, termasuk Runway untuk aktifitas take-off/ landing pesawat," tuturnya.

Baca Juga:
Puncak Arus Mudik, Airnav Layani 1.200 Penerbangan Sehari di Bandara Soekarno-Hatta

Hingga statement ini dikeluarkan (Minggu, 04/12 pukul 13.30 WIB), operasional penerbangan dan pelayanan navigasi penerbangan di Bandara Juanda dan Abdurrahman Saleh berjalan normal.

Personel Cabang Surabaya dan Malang dikatakannya, terus bersiaga untuk mengantisipasi adanya kemungkinan lain erupsi, terlebih, Jawa Timur merupakan salah satu wilayah yang cukup sering diguncang erupsi dan gempa letusan awan panas.

Baca Juga:
Bandara Kualanamu Siap Layani Angkutan Lebaran

"AirNav Indonesia terus berkoordinasi dengan Stakeholder penerbangan terkait update kondisi di lapangan," katanya.

Selanjutnya akan terus dilakukan pantauan dan pengawasan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya dampak dari erupsi Gunung Semeru tersebut. (omy)