Amankan Nataru 2022/2023 Polres Pelabuhan Tanjung Priok Ikuti Apel Siaga

  • Oleh : Ahmad

Minggu, 18/Des/2022 20:00 WIB
Foto:istimewa Foto:istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Dalam rangka menunjang kelancaran arus penumpang dan barang di Pelabuhan pada masa Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023, Polres Pelabuhan Tanjung Priok turut berpartisipasi dalam pembentukan Tim Posko Terpadu Nataru 2022/2023.

Baca Juga:
Patroli Laut Satpolairud Polres Kepulauan Seribu: Menjaga Keselamatan dan Keamanan di Perairan Kepulauan Seribu

Apel Siaga Kesiapan Angkutan Laut Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok yang diikuti oleh 150 pesrta upacara yang merupakan perwakilan dari sejumlah pihak yakni: Kepala Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, PT Pelabuhan Indonesia, Lantamal III, Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Imigrasi, Bea Cukai, BMKG, Pelni, Polairud, KKP, SAR, Dishub, PFSO/PMK, Koperasi TKBM dan pihak terkait lainnya, Minggu (18/12/2022). 

Kesiapan Angkutan Laut Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 meminta pemangku kepentingan di pelayaran agar mengawal keselamatan (safety) dengan baik yang salah satunya selalu memperhatikan prakiraan cuaca dari pihak BMKG serta Peringatan Dini Cuaca yang disampaikan oleh pihak BMKG, menjaga kelancaran arus penumpang dan barang, dan mengetatkan prokes dan juga menginstruksikan jajaran Ditjen Perhubungan Laut beserta seluruh pemangku kepentingan terkait di sektor pelayaran, untuk menjaga kelancaran arus penumpang dan barang di Pelabuhan pada masa Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. 

Baca Juga:
Patroli Malam "Perintis Presisi" Polsek Kepulauan Seribu Utara Sambangi untuk Antisipasi Gangguan Kamtibmas di Pulau Pramuka

Pada kesempatan tersebut, Plt Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok Kompol Yunita Natallia Rungkat, SH.,SIK menjelaskan, pihaknya siap menjaga keamanan lalu lintas selama masa libur Nataru. Selain itu, juga siap mendukung pelaksanaan vaksinasi di Pelabuhan guna mencegah lonjakan kasus Covid-19.

Kegiatan Penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, akan dilaksanakan mulai tanggal 18 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023. 

Baca Juga:
Bhabinkamtibmas Pulau Tidung Gencarkan Sambang Warga untuk Menjaga Stabilitas Pasca Pemilu 2024

Bersamaan dengan penyelenggaraan angkutan laut nataru ini, dilakukan pula kegiatan pemantauan dan pengendalian lalu lintas dan angkutan laut melalui Posko Angkutan Laut Nataru 2021/2022.

Kompol Yunita Natallia Rungkat SH, SIK berkesempatan meninjau langsung Posko Terpadu tersebut.

"Posko Pelayanan Terpadu ini nanti akan dijadikan pusat informasi terkait Angkutan Laut Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, yang di mulai pada hari ini, tanggal 18 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023," tutur Yunita.

Ditambahkan Kompol Yunita, beberapa hal yang harus dijadikan pedoman guna mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas dalam kesiapan Nataru ini, antara lain menyiapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, mengantisipasi dan melakukan pencegahan terhafap aksi yang meresahkan masyarakat, meningkatkan kepekaan dan kewaspadaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas, serta melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis.(ahmad)