Penerbangan di Bandara Ahmad Yani Semarang Terdampak Cuaca Buruk

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 31/Des/2022 16:53 WIB
Foro:Istimewa Foro:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Belasan jadwal penerbangan sejumlah maskapai di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Kota Semarang, Sabtu (31/12), terdampak cuaca buruk dan tingginya intensitas hujan. Sehingga, penerbangan-penerbangan tersebut mengalami keterlambatan serta pengalihan.

”Hingga pukul 12.00 WIB (31/12), terdapat 13 penerbangan yang terdampak, baik kedatangan maupun keberangkatan dengan rute penerbangan dari dan ke Jakarta, Balikpapan, Ketapang, dan Banjarmasin,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Hardi Ariyanto seperti dilansir dari Antara, Sabtu (31/12/2022).

Baca Juga:
Akibat Cuaca Buruk, Pesawat Wings Air Sempat Gagal Mendarat di Nagan Raya

Selain keterlambatan keberangkatan, kata dia, terdapat satu jadwal penerbangan dari Banjarmasin yang terpaksa dialihkan ke Surabaya. Kondisi di area terminal bandara terpantau lancar dan tidak terjadi penumpukan penumpang.

”Manajemen PT Angkasa Pura I beserta seluruh pemangku kepentingan terkait melakukan koordinasi dan kolaborasi sehingga operasional bandara tetap berjalan dengan baik meskipun dengan kondisi cuaca ekstrem,” papar Hardi Ariyanto.

Baca Juga:
Akibat Cuaca Buruk, Pesawat Scoot Sempat Berputar-putar di Atas Bandara Manado

Setelah sempat terdampak cuaca buruk, lanjut dia, kini operasional bandara telah berjalan normal kembali dengan melayani keberangkatan pesawat pertama yaitu Wings Air IW 3806 tujuan Semarang-Pangkalan Bun pada pukul 12.20 WIB dan kedatangan pesawat pertama yaitu Lion Air JT 506 tujuan Jakarta-Semarang.

”Kondisi runway siap beroperasi dengan pemantauan petugas sehingga apabila terjadi kondisi yang mengganggu operasional penerbangan dapat segera dilakukan penanganan lebih lanjut,” ujar Hardi Ariyanto.

Baca Juga:
Cuaca Buruk, Penerbangan ke Ambon Dialihkan, Termasuk Pesawat Sewa Ketua MPR

Dia menyebut, cuaca buruk juga menyebabkan genangan air di ruas jalan menuju bandara. Sebagai upaya mempermudah akses pengguna jasa dari dan menuju bandara, manajemen PT Angkasa Pura I bersama Pangkalan Udara Utama Angkatan Darat Ahmad Yani Semarang dan Satuan Korps Brimob Polda Jateng menyediakan kendaraan penjemputan bagi para penumpang yang tertahan di luar bandara.

”Mengingat curah hujan masih tinggi dan terdapat genangan air di beberapa titik lokasi pada jalan menuju dan dari bandara, kami mengimbau kepada pengguna jasa untuk tetap berhati-hati,” ucap Hardi Ariyanto.

Dia berharap cuaca segera membaik sehingga kegiatan operasional bandara dapat berjalan lancar, aman, dan tetap nyaman.(fhm)