Akibat Cuaca Buruk, Pesawat Scoot Sempat Berputar-putar di Atas Bandara Manado

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 28/Janu/2023 12:41 WIB
Ilustrasi. Pesawat Scoot asal Singapura sempat berputar-putar di udara karena tidak dapat mendarat di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado. (Foto:Mushaful Imam) Ilustrasi. Pesawat Scoot asal Singapura sempat berputar-putar di udara karena tidak dapat mendarat di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado. (Foto:Mushaful Imam)

MANADO (BeritaTrans.com) - Sebuah pesawat maskapai Scoot tujuan penerbangan Singapura-Manado sempat berputar-putar di udara karena tidak dapat mendarat di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado. Peristiwa itu diduga terjadi karena cuaca buruk di wilayah Sulawesi Utara.

Namun, saat ini pesawat tersebut telah mendarat di Bandara Sam Ratulangi.

Baca Juga:
Akibat Cuaca Buruk, Pesawat Wings Air Sempat Gagal Mendarat di Nagan Raya

"Sudah mendarat," ucap Manajer Humas Bandara Sam Ratulangi, Yanti Pramono kepada wartawan, Jumat (27/1).

Sejumlah penerbangan ikut tertunda yakni, Garuda dengan nomor penerbangan GA 601 rute Manado-Jakarta, Batik Air ID 6271 rute Manado-Jakarta, Citilink QG 301 rute Manado-Jakarta, WingsAir IW 2174 rute Manado-Ternate, WingsAir IW 1160 rute Manado-Naha, Lion Air JT 796 rute Manado-Sorong, dan Lion Air JT 741 rute Manado-Makassar.

Baca Juga:
Pesawat Airlangga Hartarto-Ridwan Kamil Gagal Mendarat di Manado Gegara Banjir

Selain itu, ada tiga penerbangan lain yang harus dialihkan yakni, Batik Air ID 6274 rute Jakarta-Manado dialihkan ke Makassar, Citilink QG 300 rute Jakarta-Manado dialihkan ke Palu, dan Garuda GA 600 rute Jakarta-Manado dialihkan ke Ternate.

"Informasi terakhir memang ada pesawat yang divert (dialihkan) ke bandara terdekat seperti di Gorontalo, Palu dan Makassar dan ada juga yang mengalami penundaan. Tapi secara keseluruhan kondisi sekarang sudah pesawat yang berangkat dan tiba," jelasnya.

Baca Juga:
Penerbangan di Bandara Ahmad Yani Semarang Terdampak Cuaca Buruk

Meski demikian, kata Yanti, kondisi cuaca di Manado saat ini tidak lagi diguyur hujan deras sehingga beberapa pesawat sudah dapat mendarat dan terbang dari Bandara Sam Ratulangi.

"Untuk sekarang sudah tidak hujan. Memang kondisi tadi cuaca buruk sehingga pilot tidak berani mengambil risiko," imbuhnya.(fhm/sumber:cnn)