BNPB Catat 11 Kecamatan Terdampak Banjir di Kabupaten Serang

  • Oleh : Bondan

Kamis, 05/Janu/2023 21:53 WIB
Perkembangan terkini sebanyak empat Kecamatan (Bandung, Binuang, Jawilan dan Cikeusal) masih tergenang banjir dengan Tinggi Muka Air mencapai 5 hingga 10 cm. Foto: istimewa. Perkembangan terkini sebanyak empat Kecamatan (Bandung, Binuang, Jawilan dan Cikeusal) masih tergenang banjir dengan Tinggi Muka Air mencapai 5 hingga 10 cm. Foto: istimewa.

JAKARTA (BeritaTrans.com) — BPBD Kabupaten Serang memutakhirkan informasi penanggulangan banjir di Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Selasa (3/1/2023). 

Upaya penanganan bencana banjir tim BNPB beserta BPBD Kabupaten Serang meninjau langsung ke lokasi banjir. BPBD Kabupaten Serang memberangkatkan personel ke lokasi kejadian guna melakukan assessment dan berkoordinasi dengan instansi terkait penanggulangan bencana banjir. Selain itu menerjunkan personel BPBD Kabupaten Serang beserta 1 unit perahu Viber serta memberikan bantuan paket logistik.

Baca Juga:
Banjir Rendam Jalan Taman Narogong Indah Pengasinan Bekasi, Aktivitas Sepi

Dalam keterangan resmi BNPB, Kamis (5/1/2023), data yang dihimpun Pusat Pengendalian Operasi BNPB pada Selasa (3/1/2023) banjir meluas ke wilayah  Desa Cijeruk, Nagara, Tambak, Sukamaju di Kecamatan Kibin. Desa Gandayasa, Panosogan di Kecamaan Cikeusal. Desa Malabar di Kecamatan Bandung. Desa Pasirbuyut, Majasari di Kecamatan Jawilan. Desa Nangung di Kecamatan Kopo. Desa Kemuning di Kecamatan Tunjung Teja. Desa Songgomiaya di Kecamatan Cikande. Desa Dukuh di Kecamatan Kragilan. Desa Tengkurak di Kecamatan Tirtayasa. Desa Rancasanggal di Kecamatan Cinangka, dan Desa Renged di Kecamatan Binuang.

Perkembangan terkini sebanyak empat Kecamatan (Bandung, Binuang, Jawilan dan Cikeusal) masih tergenang banjir dengan Tinggi Muka Air mencapai 5 hingga 10 cm. Wilayah Kecamatan (Kragilan, Kopo, Cikande, Kibin, Cinangka, Tunjung Teja dan Tirtayasa) sudah mulai kondusif, warga sudah kembali ke rumahnya masing-masing sudah beraktifitas seperti biasa. 

Baca Juga:
Hujan Lebat di Brazil Tewaskan 36 Orang dan Ratusan Warga Ngungsi

Sedangkan korban terdampak, BPBD setempat mencatat sebanyak 401 KK (1.451 jiwa). Tidak ada warga yang mengungsi dan korban meninggal. 

Sementara itu, kerugian material sebanyak 209 rumah terendam, 3 Fasilitas Umum terendam, 5 hektar sawah terendam dan 1 pondok pesantren terendam. (Dan)

Baca Juga:
Kemenko PMK: Mitigasi Bencana Salah Satu Program Prioritas Tahun 2023