Ridwan Kamil Bersama Walikota Depok Resmikan Underpass Dewi Sartika

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 17/Janu/2023 23:03 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ketiga kiri) bersama Walikota Depok Mohammad Idris (kedua kiri) meresmikan Underpass Dewi Sartika, Depok, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023). (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ketiga kiri) bersama Walikota Depok Mohammad Idris (kedua kiri) meresmikan Underpass Dewi Sartika, Depok, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023). (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA

Depok (Beritatrans.com) -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Wali Kota Depok M Idris meresmikan jalan underpass Dewi Sartika Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (17/1) petang.

Berdasarkan panttauan, sebanyak ratusan masyarakat Depok memadati lokasi peresmian. Lalu lintas di sekitar lokasi juga turut tersendat.

Baca Juga:
Menhub Lepas Keberangkatan Penumpang Mudik Gratis dengan Bus di Terminal Jatijajar

Ridwan Kamil tiba di lokasi pada pukul 15.41 WIB ditemani Idris. Ridwan Kamil atau Emil berharap nantinya underpass ini dapat mengurangi jumlah kemacetan di Kota Depok.

"Lalu lintas Insya Allah lancar, kalo lancar rezekinya lancar dan lalu lintas lancar," kata Emil di lokasi, Selasa petang.

Baca Juga:
BPTJ-Pemkot Depok Makin Dekat Wujudkan Layanan Bus BTS

Underpass sepanjang 470 meter ini akan menghubungkan akses Jalan Kartini, Jalan Margonda, dan Jalan Raya Sawangan.

Emil menerangkan proyek underpass ini merupakan kolaborasi antara Pemkot Depok dengan Pemprov Jabar. Ia merinci Pemkot Depok menggelontorkan dana sebesar Rp180 miliar dan Pemprov Jabar sejumlah Rp113 miliar dari APBD.

Baca Juga:
BPTJ Siapkan Layanan BTS di Kota Depok

"Depok itu Rp180-an miliar, Jawa Barat Rp113 miliar sesuai dengan kontraknya, dan ini contoh baik ya, bahwa warga Depok dibiayai oleh kota Depok dan juga Provinsi Jabar," ucapnya.

Ia pun berpesan kepada masyarakat agar tidak merusak dan merawat underpass tersebut ke depannya.

"Maka hormati namanya jalannya, dengan dua hal saja, jaga kebersihan dan jaga ketertiban," ujar dia.

 

Antusiasme warga

Warga pun terlihat antusias menantikan pembukaan underpass tersebut. Salah seorang warga, Devi (23) yang setiap harinya melintas di sana, menyambut baik kehadiran underpass Dewi Sartika. Ia percaya, underpass ini dapat mengurangi kemacetan di sana.

"Ketolong banget, karena sebelumnya kan rel kereta. Jadi, ini bisa mengurangi kemacetan," kata dia di lokasi.

Devi menjelaskan tempat ini merupakan salah satu titik kemacetan di Depok selain karena ada rel di depan, jalan ini juga merupakan jalan yang sering dilewati warga.

Pada hari ini, underpass Dewi Sartika ini diresmikan. Peresmian itu ditandatangani oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Depok Mohammad Idris.

Nantinya, underpass ini akan menghubungkan akses Jalan Kartini, Jalan Margonda, dan Jalan Raya Sawangan.

Mengutip dari situs Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Pemprov Jabar merealisasikan pembangunan underpass di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Pancoran Mas dengan panjang 470 meter.

Pembangunan tersebut, menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jabar senilai Rp108,6 miliar.(ny/Sumber:CNNIndonesia)