MUFG, Danamon dan Adira Finance menjadi Official Bank Partner dan Official Multifinance Partner di IIMS 2023

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 16/Feb/2023 18:22 WIB
MUFG, Danamon, dan Adira Finance perkuat kehadiran di sektor otomotif melalui Indonesia International Motor Show 2023. MUFG, Danamon, dan Adira Finance perkuat kehadiran di sektor otomotif melalui Indonesia International Motor Show 2023.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Bank Danamon Indonesia Tbk dan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk yang didukung oleh MUFG Bank Ltd menjadi official bank partner dan official multifinance partner di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Pada IIMS 2023, Danamon membidik pertumbuhan kredit dari sektor kendaraan bermotor di 2023. Ini dijalankan bersama anak perusahaan yaitu Adira Finance yang 90% sahamnya dimiliki oleh Danamon.

Baca Juga:
Hari Terakhir IIMS 2023 Semakin Ramai, Ada Banyak Diskon dan Nantikan Konser Dewa

“Kami melihat industri otomotif adalah salah satu industri yang memberikan kontribusi ke perekonomian Indonesia, karena itu secara grup kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan industri otomotif ini dengan berpartisipasi terus dalam IIMS,” ujar Consumer Funding Business Head Bank Danamon, Ivan Jaya saat konferensi pers di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Ivan mengungkapkan, Kredit Pemilikan Motor (KPM) bank Danamon di sepanjang tahun 2022 mencapai Rp 44 triliun. Untuk itu, kata dia, tahun ini pihaknya menargetkan pertumbuhan yang positif pula.

Baca Juga:
Danamon bersama MUFG Bank dan Adira Finance Gelar Diskusi Thought Leadership

“Kami sendiri menargetkan bahwa untuk pembiayaan (KPM) ini kita bisa tumbuh lebih 14% sampai 16%,” ungkap Ivan.

Bank Danamon, Adira Finance dan didukung oleh MUFG, memiliki komitmen dalam ekosistem otomotif berkelanjutan ini. Grup ini menyediakan solusi keuangan yang komprehensif di segmen dan rantai pasok industri otomotif.

Baca Juga:
Busworld SEA 2022 Hadirkan Bus Listrik Ramah Lingkungan

Dalam hal ini MUFG membiayai pabrikan mobilnya, Danamon masuk ke segmen distribusi dan berikan dealer financing. Kemudian Adira Finance masuk ke individual financing.

"Kami melihat industri otomotif adalah salah satu industri yang memberikan kontribusi ke perekonomian Indonesia, karena itu secara grup kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan industri otomotif ini dengan berpartisipasi terus dalam IIMS,” ujar Ivan.

Sementara Bank Danamon menargetkan akan ada kenaikan Kredit Pemilikan Mobil (KPM) sebesar 14%-16% di tahun ini dari perolehan tahun lalu Rp 44 triliun. Hal itu akan didorong dengan cara menambah anchor-anchor perusahaan. Perseroan juga akan mengedepankan digitalisasi lewat produk digital banking Danamon yakni D Bank Pro.

“Dari situ kami bisa menyasar seluruh nasabah individual kami dengan pendekatan personalisasi kami bisa menawarkan produk-produk yang kami jual bersama Adira untuk memenuhi solusinya,” kata Ivan.

Dalam ajang yang digelar mulai 16-26 Februari 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Adira menargetkan bisa membukukan pembiayaan Rp 450-500 miliar atau setara 2.000-2.500 unit kendaraan.

Deputy Director Adira Finance Harry Latif mengatakan, dari target tersebut 80% disumbang oleh pembiayaan roda empat dan 20% roda dua. Dari jumlah itu, target penjualan kendaraan listrik mengalami kenaikan. 

Mobil misalnya 10% ditargetkan dapat disumbang oleh tipe listrik dan sisanya oleh kendaraan berbahan bakar bensin. Sedangkan motor, 15% targetnya disumbang oleh tipe listrik dan sisanya oleh kendaraan berbahan bakar bensin.

Jumlah tersebut naik dua kali lipat lebih dari realisasi pameran tahun lalu. Tahun lalu Adira Finance membukukan pembiayaan senilai Rp 400 miliar di mana kontribusi untuk kendaraan listrik masih jauh di bawah 5%. 

Optimisme perseroan, kata Harry juga seiring bertambahnya merek mobil baru dan juga berakhirnya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Sehingga pada akhir tahun ini Adira Finance yakin perseroan bisa meraih pembiayaan Rp 38-39 triliun atau tumbuh 14%-20% dari tahun lalu.

Sebagai sebuah grup, MUFG, Danamon, dan Adira Finance percaya bahwa IIMS merupakan salah satu tonggak penting dalam pemulihan ekonomi Indonesia pasca-pandemi. 

Selain memperkuat industri otomotif yang merupakan salah satu sektor dengan kontribusi terbesar terhadap perekonomian Indonesia, IIMS juga menjadi momentum tepat bagi industri perbankan untuk berkontribusi dalam upaya memulihkan sektor UMKM, pariwisata, bahkan properti. 

Komitmen dari MUFG, Danamon, dan Adira Finance ini akan diwujudkan dalam berbagai program dan promo bagi pengunjung dan nasabah sepanjang IIMS diselenggarakan.

Sebagai informasi, IIMS 2023 menghadirkan lebih dari 45 brand roda empat, roda dua dan kendaraan listrik. 

Produk roda empat yang hadir antara lain Astra Daihatsu, BMW, Chery, DFSK, Honda, Hyundai, Mitsubishi, MG, Subaru, Suzuki, Toyota dan Wuling hingga Indomobil Group yang menghadirkan lima brand yaitu Audi, Citroen, KIA, Nissan, Volkswagen (VW).

Selanjutnya brand roda dua yang hadir yaitu Astra Honda Motor, Benelli-Keeway, Energica, Husqvarna, Italjet, KTM, Niu, Royal Alloy, Royal Enfield dan Yamaha. Sedangkan brand kendaraan listrik roda dua diikuti oleh Gelis, Ion Mobility, Rakata, Selis dan Smartby.(fahmi)