Bus Pariwisata Rombongan Pelajar Seruduk 4 Mobil dan 1 Sepeda Motor di Jalur Wisata Bromo, 6 Orang Luka

  • Oleh : Bondan

Selasa, 07/Mar/2023 23:46 WIB
Bus Pariwisata rombongan pelajar seruduk empat mobil dan satu sepeda motor di jalur wisata Gunung Bromo. Foto: istimewa. Bus Pariwisata rombongan pelajar seruduk empat mobil dan satu sepeda motor di jalur wisata Gunung Bromo. Foto: istimewa.

PROBOLINGGO (BeritaTrans.com) — Bus pariwisata Gracias bernomor polisi (Nopol) D-7849-AQ yang membawa rombongan pelajar dari Madrasah Aliyah (MA) Al Azhar, Depok mengalami kecelakaan beruntun menabrak lima kendaraan ketika turun dari kawasan wisata Gunung Bromo tepatnya di jalur Tongas-Bromo, Jalan Raya Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Selasa (7/3/2023) siang.

Beruntung dalam peristiwa itu tidak memakan korban jiwa. Sejumlah orang hanya mengalami luka-luka akibat bus yang mengalami rem blong itu menabrak sebanyak empat mobil dan satu sepeda motor di Jalan Raya Lumbang, Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga:
Kecelakaan Beruntun di Tol Cikampek KM 58, 9 Orang Tewas

“Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan ini tidak sampai mengakibatkan korban jiwa,” ujar Kasat Lantas Polres Probolinggo, AKP Sapari, dalam keterangan tertulis, Selasa sore.

Penyebab kecelakaan diduga kuat karena bus pariwisata itu mengalami rem blong di jalan menurun di kawasan Pasar Lumbang. Mansur Wahyudi (65) pengemudi bus yang tidak bisa mengendalikan kendaraannya kemudian menabrak empat mobil dan satu sepeda motor. Akhirnya bus berhenti setelah masuk ke dalam parit dan ke halaman rumah warga.

Baca Juga:
Longsor di Jalan Tol Bocimi Sebabkan 2 Orang Luka

“Akibat rem blong, bus menabrak empat mobil dan sebuah sepeda motor. Bus sampai menyeret sejumlah kendaraan hingga sejauh sekitar satu kilometer,” kata AKP Sapari.

Setelah kejadian, warga berdatangan untuk memberikan pertolongan pada korban.

Baca Juga:
Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Halim, Ini Kronologi Penyebabnya!

Sejumlah korban luka kemudian dievakuasi ke Puskesmas Lumbang, RSUD Tongas Kabupaten Probolinggo, dan RSUD dr. Mohamad Saleh, Kota Probolinggo. Sebanyak enam korban luka yang sempat dibawa ke Puskesmas Lumbang adalah:

  • Winda, 15 tahun, warga Tandonsentul, Kabupaten Probolinggo.
  • Citra, 8 tahun, warga Desa Purut, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo.
  • Muhammad Riski Arifin, 28 tahun, warga Kota Probolinggo.
  • Muhammad Choiril Anwar, 26 tahun, warga Jalan Amir Hamzah, Kelurahan Pakistaji, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo.
  • Irwanto, Desa Purut, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo.
  •  Martoyo, warag Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo.

(Dan)