Ayo Serbu, Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Dibuka Hari Ini, Ada 5.000 Kuota

  • Oleh : Naomy

Kamis, 23/Mar/2023 13:13 WIB
Momen mudik dengan kapal Momen mudik dengan kapal

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Demi kelancaran lalu lintas angkutan jalan raya dan mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas pengguna jalan raya khususnya pengguna sepeda motor pada jalur pantai utara, Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jendral Perhubungan Laut pada tahun 2023 kembali mengadakan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut, ayo serbu.

Baca Juga:
Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Peserta Arus Balik Sepeda Motor Gratis dengan KM Dobonsolo Dilepas Dirlala

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Hendri Ginting mengatakan, mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini juga sebagai bentuk dukungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengenalkan moda transportasi alternatif untuk mudik di tahun 2023 ini.

“Selain untuk menurunkan tingkat kepadatan di jalan raya dan menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan bagi pengemudi motor, mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini sebagai bentuk pengenalan kepada masyarakat bahwa kapal laut bisa sebagai moda alternatif untuk transportasi mudik lebaran,” ujar Hendri di Jakarta, Kamis (23/3/2023).

Baca Juga:
Ribuan Peserta Arus Balik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut Tinggalkan Semarang ke Jakarta

Pada tahun ini diprediksikan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik. Berdasarkan survey yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik diprediksi mencapai 123,8 juta orang.

Jumlah ini naik jika dibandingkan pada tahun 2022 sebesar 85,5 juta orang. 

Baca Juga:
Indonesia Paparkan INSW di Sidang FAL ke-48 di Markas Besar IMO

"Untuk itu dengan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini diharapkan dapat menekan kepadatan mudik di perjalanan," ungkapnya.

Dengan diprediksikannya peningkatan jumlah pemudik pada tahun 2023 ini, diharap dengan adanya mudik gratis ini dapat memberikan dampak yang positif.

Pendaftaran dan registrasi mudik motor gratis akan dilakukan secara online melalui https://mudikgratis.dephub dibuka hari ini, hingga 5 April 2023 dengan verifikasi pendaftaran akan dilakukan pada 25 Maret 2023 – 7 April 2023.  

Sedangkan pendaftaran offline dilakukan mulai 23 Maret 2023 – 16 April 2023 di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan Gedung Cipta lantai dasar Kantor Pusat Kementerian Perhubungan.

“Untuk arus mudik dengan rute Tanjung Priok - Tanjung Emas akan diberangkatkan dua kali yaitu pada 15 dan 17 April 2023 sedangkan untuk arus balik juga sebanyak dua kali dengan rute Tanjung Emas-Tanjung Priok pada 25 dan 28 April 2023," ujar dia. 

Untuk kuota tersedia 2.500 penumpang/trip dan 1.250 motor/trip sehingga total kuota mudik adalah 5.000 orang dan 2.500 motor, sedangkan balik 5.000 orang dan 2.500 motor. (omy)