KAI Daop Jakarta Berangkatkan 519 Ribu Penumpang KA Selama Angkutan Mudik

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 25/Apr/2023 19:55 WIB
Suasana di Stasiun Pasar Senen yang merupakan stasiun kelolaan KAI Daop 1 Jakarta. (Ist) Suasana di Stasiun Pasar Senen yang merupakan stasiun kelolaan KAI Daop 1 Jakarta. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Volume penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen masih tinggi meski sudah memasuki hari kedua setelah moment lebaran (H+2). 

Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, ada sekitar 36.000 Penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Jumlah tersebut dikatakan masih cukup tinggi jika dibandingkan pada masa normal. 

Baca Juga:
Lebih 63 Ribu Penumpang Gunakan KA dari Daop 5 Purwokerto pada Periode Long Weekend Kenaikan Isa Almasih

"Pantauan keberangkatan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada 25 April 2023 okupansi penumpang masih diatas 80 persen dari total ketersediaan tempat duduk," kata Eva, Selasa (25/4/2023).

Pada Selasa ini ini terdapat sekitar 22.200 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 KA yang beroperasi, Sementara untuk Stasiun Gambir volume penumpang berangkat hari ini mencapai sekitar 13.800 dengan layanan 38 KA beroperasi. 

Baca Juga:
Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus Usai, KAI Ketambahan 100 Ribu Lebih Penumpang

Eva juga menjelaskan total jumlah penumpang KA selama angkutan mudik Lebaran yang sudah berjalan.

"Secara total untuk jadwal keberangkatan 12 s.d 25 April (H-10 s.d H+2) tercatat sekitar 519 ribu pengguna jasa berangkat menggunakan KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen di area Daop 1 Jakarta pada moment lebaran," ujar Eva.

Baca Juga:
Usai Libur Panjang, KAI Commuter Layani 500 Ribu Penumpang pada Awal Pekan Ini

Puncak arus mudik dengan keterisian tempat duduk mencapai 100 persen terjadi pada tanggal 18 sampai dengan 22 April 2023. 

Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung. (Fahmi)