Penjualan Tiket Kereta Api Nasional Masa Lebaran Capai 3 Juta Kursi

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 28/Apr/2023 14:50 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI mengeluarkan data keberangkatan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) secara nasional mulai dari Daop 1 Jakarta sampai dengan Daop 9 Jember di Pulau jawa dan Divre 1 sampai dengan 4 Sumatera. 

Berdasarkan pantauan pada Jumat, 28 April 2023 pukul 07.00, tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual untuk keberangkatan KA di masa Angkutan Lebaran yang terhitung pada 12 April sampai dengan 3 Mei 2023 adalah 3.016.323 tiket. 

Baca Juga:
Underpass Stasiun Pasar Senen Dibangun Eskalator Baru, KAI Akan Operasionalkan Stasiun Jatinegara untuk Naik Turun Penumpang KAJJ

"Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung," ujar Vice President Public Relations PT KAI Joni Martinus, Jumat (28/4/2023).

Joni juga mengatakan, berdasarkan tanggal keberangkatan KA yang tiket yang banyak dipesan yaitu pada tanggal 18,19, 20, 22, 23, 24, 25, 26, 27, 28 April 2023 = 100%, 16, 21 April 2023 = 98% dan Tanggal 15 April 2023 = 97 %.

Baca Juga:
Pembangunan Eskalator di Stasiun Pasar Senen, 17 Keberangkatan dan 4 Kedatangan KA Beroperasional di Stasiun Jatinegara mulai 6 Mei

Untuk stasiun keberangkatan dengan penumpang terbanyak ialah Pasar Senen, Gambir, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Bandung, Solo Balapan, Malang, Semarang Tawang, Ketapang, dan Kiaracondong. Juga untuk stasiun dengan tujuan penumpang atau tujuan terbanyak juga sama dengan keberangkatan. 

Joni juga merampung 10 relasi dengan penumpang terbanyak. Adapun relasi stasiunnya antara lain ialah Surabaya Pasarturi - Pasar Senen, Pasar Senen - Surabaya Pasarturi, Malang - Pasar Senen, Gambir - Bandung, Pasar Senen - Malang, Kiaracondong - Surabaya Gubeng, Bandung - Gambir, Surabaya Gubeng - Kiaracondong, Pasar Senen-Purwosari, dan Pasar Senen - Blitar.

Baca Juga:
Antisipasi Kemacetan di Gambir, 9 KA Beroperasional di Stasiun Jatinegara Khusus Senin 22 April

"Trend arus penumpang untuk periode sebelum Lebaran didominasi oleh penumpang dari arah Barat (Jakarta / Bandung) menuju arah Timur (Jawa Tengah dan Jawa Timur). Sedangkan untuk periode setelah Lebaran didominasi oleh penumpang dari arah Timur (Jawa Tengah / Jawa Timur) menuju arah Barat (Jakarta / Bandung)," kata Joni.

Ada juga 10 KA dengan Penumpang Terbanyak:

1. KA Airlangga (Surabaya Pasarturi - Pasar Senen)
2. KA Airlangga (Pasar Senen - Surabaya Pasarturi)
3. KA Sri Tanjung (Lempuyangan - Ketapang)
4. KA Pasundan Tambahan (Kiaracondong - Surabaya Gubeng)
5. KA Sri Tanjung (Ketapang - Lempuyangan)
6. KA Joglosemarkerto rute melingkar (Solo Balapan–Yogyakarta–Purwokerto–Tegal–Semarang)
7. KA Pasundan Tambahan (Surabaya Gubeng - Kiaracondong)
8. KA Bengawan (Pasar Senen - Purwosari)
9. KA Bengawan (Purwosari - Pasar Senen) 
10. KA Kahuripan (Kiaracondong - Blitar).

"Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan," pungkas Joni.

KAI juga mengimbau kepada seluruh pelanggan agar datang 1 jam sebelum keberangkatan kereta api, membawa bagasi sesuai dengan ketentuan, serta menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan rutin mencuci tangan. (fhm)