PO Haryanto Keluarkan Bus Baru Rakitan Piala Mas, Begini Penampakannya

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 29/Apr/2023 06:41 WIB
Bus baru PO Haryanto(Instagram @karoseripialamas_official) Bus baru PO Haryanto(Instagram @karoseripialamas_official)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Perusahaan otobus (PO) Haryanto kembali luncurkan satu unit bus baru rancangan Karoseri Piala Mas.

Bus dengan dengan kelir dasar hitam yang dikombinasikan dengan hijau stabilo tersebut akan digunakan sebagai layanan bus AKAP kelas eksekutif.

Baca Juga:
Terminal Kepuhsari Jombang Hanya Berangkatkan Sedikit Bus saat Libur Panjang

Ini menjadi yang keempat kalinya PO milik ayah Rian Mahendra tersebut meluncurkan bus baru pada 2023. Sebelumnya, pada awal 2023 PO Haryanto meluncurkan dua unit bus baru berkelir hitam kombinasi biru.

Kemudian, akhir Januari 2023 kembali meluncurkan dua unit bus baru. Satu unit bus menggunakan kelir hitam kombinasi biru, dan bus satu lagi dibalut oleh kelir hitam kombinasi oranye.

Baca Juga:
Lika-Liku Perjalanan Bus ALS Bekasi ke Medan, Lalui Lintas Tengah Sumatra Berhari-Hari

Pada peluncuran yang ketiga, PO yang berbasis di Kudus, Jawa Tengah itu meluncurkan satu bus baru dengan kelir hitam kombinasi cokelat muda.

Kendati baru, bus tersebut masih menggunakan visual eksterior yang sama dengan bus sebelumnya. Bahkan bodi bus yang digunakan sama seperti beberapa bus dari PO Haryanto rakitan Karoseri Piala mas yang sudah rilis, yakni memakai bodi Rexus SL.

Baca Juga:
Sopir Jaklingko dan Pengurus Bus AKAP Cekcok di Terminal Lebak Bulus, Begini Kronologinya

Tidak ketinggalan, bus rakitan Karoseri Piala Mas ini menggunakan ornamen wayang pada bodi samping bus yang telah menjadi DNA dari PO Haryanto. Keunggulan dari bodi Rexus SL sendiri ialah punya bagasi luas di bagian belakang bus, bahkan mampu mengangkut dua unit sepeda motor.

Kemudian bodi bus juga ditopang oleh sasis bus Mercedes Benz OF 1623 RF. Secara eksterior, bus baru PO Haryanto tidak banyak melakukan ubahan selaian pada warna.

Apalagi pada bagian wajah depan bus tetap tampil sama dengan bus sebelumnya yang menggunakan model double glass.

Berpindah ke bagian kabin, bus ini tidak dilengkapi toilet seperti bus PO Haryanto yang diluncurkan sebelumnya. Namun bus tetap hadir dengan konfigurasi bangku penumpang kanan dua dan kiri dua.