Mau Naik LRT Jabodebek Gratis? Ini Jadwal dan Cara Daftarnya

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 06/Jul/2023 10:18 WIB
LRT Jabodebek. LRT Jabodebek.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Uji coba LRT Jabodebek dengen penumpang akan dilakukan pada 12 Juli hingga 15 Agustus 2023. 

Masyarakat yang hendak naik bisa mendaftar secara online  mulai 10 Juli 2023. 

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Jumat 17 Mei 2024, Tarif Promo Rp 10.000 Masih Berlaku di Jam Ini!

Dilansir dari media sosial @lrt_jabodebek, Selasa (4/7/2023), LRT Jabodebek akan melakukan uji coba hampir selama satu bulan. Selama masa uji coba berlangsung penumpang dikenakan tarif Rp 1.

"Uji coba LRT Jabodebek dengan penumpang terbatas akan dilakukan mulai 12 Juli - 15 Agustus 2023. Kamu bisa mendaftarkan diri pada link yang akan kami share di medsos LRT Jabodebek mulai tanggal 10 Juli nanti, dan kuotanya akan dibatasi," tulis @lrt_jabodebek.

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Kamis 16 Mei 2024, Tarif Promo Rp 10.000 Berlaku di Jam Ini!

Sebagai informasi, selama uji coba berlangsung kuota penumpang LRT Jabodebek akan dibatasi. Nantinya, LRT Jabodebek hanya akan mengangkut sebanyak 150 sampai 200 orang penumpang per hari.

Selain itu nantinya penumpang bisa turun di stasiun mana saja (total ada 18 stasiun). Namun, pemberangkatan hanya ada di tiga stasiun, yakni stasiun Harjamukti, Dukuh Atas, Jatimulya.

Baca Juga:
Jadwal Keberangkatan LRT Jabodebek Rabu 15 Mei 2024, Tarif Promo Rp 10.000 Berlaku di Jam Ini!

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian memastikan tarif LRT Jabodebek bakal lebih murah dari moda transportasi lain.

Selain lebih murah, LRT Jabodebek juga menawarkan efisiensi waktu perjalanan karena tidak harus terhambat kemacetan jalan.

Untuk tarif normal terjauh LRT Jabodebek akan diterapkan sebesar Rp 15.000 per penumpang dari sebelumnya Rp 12.000. Besaran tarif ini berdasarkan hasil final dapat terakhir. Kendati demikian, selama uji coba berlangsung, penumpang hanya dikenakan biaya Rp 1 saja.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menjajal LRT Jabodebek pada hari ini, Rabu (28/6/2023). Langkah ini untuk melihat kesiapan moda transportasi modern ini sebelum diresmikan pada Agustus nanti.

Budi menyampaikan, mengajak seluruh warga Jakarta dan sekitarnya menggunakan moda transportasi LRT Jabotabek. Alasannya, waktu tempuh lebih cepat.

Ia pun menjelaskan bahwa waktu tempuh LRT Jabodebek dari Stasiun Dukuh Atas, Jakarta menuju Stasiun Jatimulya di Kabupaten Bekasi hanya 39 menit. Sementara itu waktu tempuh menuju wilayah yang sama dengan menggunakan kendaraan pribadi melalui jalan tol mencapai 2 jam.

"Kami tadi dari Dukuh Atas sampai ke Jatimulya 39 menit. Artinya kalau dibandingkan dengan perjalanan normal mau menggunakan tol sekalipun itu 2 jam, berarti ini memangkas waktu menjadi sepertiganya," kata Budi.

Dengan jarak tempuh yang relatif singkat, Menhub Budi mengimbau masyarakat untuk beralih ke transportasi umum LRT Jabodebek. Selain itu, menggunakan transportasi LRT Jabodebek juga akan lebih hemat dibandingkan kendaraan pribadi.

"Nah ini jelas apa yang disampaikan pak presiden bahwa ongkos yang harus dibayar oleh semua kalangan masyarakat itu tinggi sekali apabila menggunakan kendaraan pribadi," ungkapnya.

Menhub Budi menyampaikan, Presiden Jokowi direncanakan akan meresmikan uji coba LRT Jabodebek akan dilakukan 12 Juli hingga 18 Agustus 2023. Selama kegiatan uji coba berlangsung tarif LRT Jabodebek hanya Rp1.

"Pak Dirut KAI tadi bahwa InsyaAllah tanggal 12 Juli kita mulai uji coba pada masyarakat dengan Rp1 sampai 18 Agustus yang kita harapkan presiden meresmikan," pungkasnya.