Bali Bangun LRT di 3 Wilayah Prioritas, Rutenya Sepanjang 9,4 Km

  • Oleh : Fahmi

Senin, 10/Jul/2023 21:26 WIB
Rangkaian LRT. (Ilustrasi) Rangkaian LRT. (Ilustrasi)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Gubernur Bali I Wayan Koster memprioritaskan pembangunan moda lintas raya terpadu (LRT) di tiga wilayah. Rencana pembangunan ada di wilayah yang tingkat kemacetannya tinggi.

"Karena ini jalur yang sangat padat, sudah macetnya luar biasa," kata Koster kepada wartawan setelah bertemu Pj Gubernur DKI Heru Budi, di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (10/7/2023).

Baca Juga:
Menhub Bersama Pjs. Gubernur Bahas Tindak Lanjut Pembangunan LRT Bali

Lokasi pertama yang diprioritaskan dibangun LRT adalah dari Bandara Internasional Ngurah Rai hingga kawasan Serta Parkir Kuta dan Seminyak.

Setelah itu, Koster mengatakan pembangunan LRT di wilayah Bali akan dilanjutkan hingga ke daerah Canggu dan Sanur. Kemudian berlanjut sampai ke Pusat Kebudayaan Bali di Klungkung dan Ubud.

"Ini memang daerah-daerah wisata yang sangat padat, yang sudah tidak bisa diatasi dengan transportasi yang konvensional. Yang tiga titik itu sekitar 9,4 kilometer," sambungnya.

Heru Budi bersama Coster menandatangani kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Provinsi Bali. Kesepakatan tersebut berupa pengembangan potensi daerah dan peningkatan pelayanan publik.

"Hari ini Pemda DKI bersama dengan Provinsi Bali bisa bersepakat dan memberikan bantuan secara pengalamannya terkait dengan proses MRT, LRT, atau kendaraan massal yang berbasis kereta," kata Heru Budi.(fhm)